Post Paid on IG

WHAT'S NEW?
Loading...

5 Bahaya Jika Berenang di Malam Hari

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bismillahirrahmaanirrahiim berenang termasuk jenis olahraga tapi sangat jauh berbeda dengan cabang-cabang olahraga pada umumnya. Rasanya, faktor utama kenapa renang bisa disukai oleh semua orang dari semua golongan usia karena renang bisa menyegarkan, tidak terasa capek dan tidak perlu mengeluarkan keringat. Wajar kan jika banyak orang yang menggemari olah raga satu ini. Terlebih, semakin banyak hasil penelitian ilmiah yang membuktikan jika olahraga renang ini memiliki banyak manfaat, diibaratkan sebagai One sport for all healthy goodness, karena kebaikan yang bisa kita dapatkan dengan berenang ini. 

Sederet panjang manfaat baik untuk kesehatan yang bisa diperoleh antara lain: mencegah obesitas, membentuk dan menguatkan otot, meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, mencegah stress dan depresi (serupa dengan yoga) karena selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernafasan yang berirama, minim resiko cedera (fisik), bisa mengurangi resiko diabetes, memperbaiki kadar kolesterol, memperbaiki/terapi bagi penderita asma, meningkatkan flexibilitas, postur dan keseimbangan tubuh.

Iyaapp, berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, sebagai olah raga tanpa gaya gravitasi bumi ( non weight barring ) terbilang minim resiko cedera fisik karena seluruh tubuh ditahan oleh air/mengapung, tidak membebani sendi. Dan yang masih banyak yang tidak menyadari manfaat hebat berenang yang tak kalah luar biasa dari sederet manfaat baik yang sudah kita kenal, yaitu perasaan enjoy/fun, relaks dan sekaligus media rekreasi. 

Dan yang lebih magical benefit sampai-sampai membuat saya sanggup mengabaikan phobia karena pernah mengalami kisah tenggelam sewaktu kecil, taraa…tibak’e renang itu bisa juga untuk membantu terapi dan atau mendukung program hamil. Karena konon, jenis olah raga yang dipercaya dan terbukti efektif membantu program hamil adalah jalan-jalan, jogging, bersepeda dan berenang. Ciamik banget kan olahraga renang? 
Menyadari multi manfaat yang bisa diperoleh dengan rajin renang dan demi mengingat betapa saya semakin jarang olah raga serta asa untuk mendapatkan anak (bisa hamil dengan sehat), beberapa bulan lalu saya pun memantapkan tekad untuk belajar renang. 
Betul, betul, betul…..akhirnya saya pun mulai belajar renang, serunya lagi ada teman kantor yang juga semangat untuk belajar renang. Hanya saja, memang belum bisa rutin. Alasan klasik, ketersediaan waktu yang pas untuk berenang karena kesibukan kerja dan aktivitas lainnya. Bagiamana jika mengambil sesi renang malam hari untuk mensiasati waktu siang masih crowded? Ehemmm, cukup menggoda juga kan kalau bisa berenang malam hari sebagai kompensasi waktu renang di siang hari yang masih labil waktunya.
Tapiii…..walaupun berenang mempunyai banyak manfaat, ternyata TETAP HARUS dilakukan di waktu yang tepat pula. Dan untuk alasan apapun, berenang malam hari sangat tidak recomended. Beberapa penelitian menyatakan bahwa berenang pada malam hari ternyata justru berbahaya dan memiliki dampak tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Alih-alih mau hidup sehat, yang kita dapatkan dari renang malam hari justru efek negatif, antara lain:

1. Mengurangi Daya Tahan Tubuh
Berenang pada malam hari dapat mengakibatkan daya tahan tubuh berkurang. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh akan merasa sangat lelah. Setelah seharian sudah melakukan penuh aktivitas dan dilanjutkan dengan masih melakukan renang pada malam hari, akan membuat tubuh kita tidak segar, efek bangkitannya tentu menimbulkan banyak penyakit.

2. Mudah Merasa Lelah
Tubuh kita akan mudah merasa lelah dan sesak napas dikarenakan kadar oksigen di udara pada malam hari berkurang, sedangkan tubuh kita membutuhkan banyak oksigen ketika berolahraga. Hal ini dapat mengakibatkan rendahnya Hb ataupun kekurangan darah (anemia).

3. (Kemungkinan) Mengalami Rematik
Bahaya lain yang dapat muncul karena berenang di malam hari adalah terkena rematik. Hal ini sama dengan bahaya mandi di malam hari yang sering dilakukan. Dengan kebiasaan seperti ini mungkin kita akan mengalami gejala-gejala rematik, dimana tulang dan jug apersendian akan terasa sangat sakit dan jug anyeri.

4. Masuk Angin, Hipotermia, dan Demam
Pada malam hari biasanya udaranya lebih dingin, dengan keadaan tersebut kita akan mudah masuk angin. Selain itu, kita juga akan mengalami hipotermia karena kedinginan. Dan tubuh kita akan merasa lemas dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi demam deh.

5. Mengganggu Jam Biologis
Renang memang merupakan cara olah raga yang menyenangkan, tidak melelahkan dan mendatangkan banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik dan psikis, tapi penting untuk disadari bahaya berenang pada malam hari juga dapat menyebabkan jam tidur dan jam biologis akan terganggu. Sesuai jam biologis, malam hari adalah waktunya untuk tidur. Tetapi apabila kita melakukan olahraga renang pada malam hari, maka jam biologis akan terganggu. Sehingga kemungkinan besar dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Intinya,
meskipun dengan berenang seluruh tubuh bergerak secara berirama, mulai otot perut, otot lengan, panggul, pantat, paha sampai dengan ujung kaki, singkatnya membuat seluruh tubuh kita bergerak, termasuk juga sebagai latihan bagi organ dalam seperti jantung dan paru-paru. TAPI tetap harus perduli waktu yang benar untuk berenang.




Noted: Sponsored Post

12 comments: Leave Your Comments

  1. udah lama banget g renang saya.. dulu pernah sih sekali renang malam hari

    ReplyDelete
  2. Lagian renang malem2 juga takut ya mba, gelaaaappp... Udah lama banget nih enggak berenang lagi, jadi pengin nyemplung kolam lagi abis baca artikel ini ;)

    ReplyDelete
  3. selalu dong
    kalo berenang harus di saat matahari ada.
    cuma saja, saya masih bisa berenang nggak ya?

    ReplyDelete
  4. untuk poin terahirnya jarang sekali berenang pada malam hari....
    takut yang namanya dingin...
    nitip blog ane gan...
    http://primbonmujarobatsite*blogspot*com

    ReplyDelete
  5. Saya biasanya suka mandi malam. Terlebih disaat pulang kerja di tengah malam.

    ReplyDelete
  6. Aku berenang malam kalau air panas aja :D

    ReplyDelete
  7. aku seneng banget mba kalo renang, maknya dulu sampe saya bela- belain deh buat latihan renang khusus, tapi kalo renang malam hari juga belum pernah, karena memang takut sih, salam kenal mba

    ReplyDelete
  8. jangankan berenang mba.. kata orang tua dulu kalau mandi juga bisa bikin rematik katanya.
    saya termasuk suka berenang

    ReplyDelete
  9. Gak bisa berenang sih, tapi suka banget main air. Mulai dari berendam, mandi hujan, sampai mandi malam karena pulang kerja sampai rumah udah malam, dan tidurnya gak nyenyak kalo gak mandi dulu. Duh, bisa gak sih airnya yang berbaik hati sama kita walaupun diajak kencan malam-malam? Huhuhu. Tapi, ulasan dari mbak bikin saya mulai mau mikirin dampak negatifnya kencan sama air malam-malam. Makasih mbak.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  10. Saya kalau renang lebih suka sore sih. tapi ga tau kenapa jadi sering masuk angin :D hehe. kalo pagi nggak papa

    ReplyDelete
  11. Emang ada baiknya malam ini waktu yang pas buat istirahat, jika melakukan aktivitas lagi, maka akan terganggu organ-organ yang memang fungsinya bekerja di malam hari.

    ReplyDelete
  12. Ternyata banyak bahaya kalo berenang malam hari. Mirip seperti mandi pada malam hari. Untungnya saya belum pernah berenang malam hari

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.