Kenapa Masih Dibutuhkan Genset Saat Ini?

Saat mendengar kata atau ada yang memperbincangkan mengenai genset, mungkin ada yang wondering “emangnya belum ada jaringan listriknya ya?”. Bisa kadi sebagian bedar kita menganggap jika genset “hanya” untuk daerah/ wolayah yang belum ada layanan listriknya. Padahal, bagi daerah yang sudah mendapatkan fasilitas layanan penerangan berupa jaringan listrik pun sebenarnya masih perlu memiliki genset.

Yap, genset bukan hanya diperuntukkan atau dibutuhkan bagi daerah yang belum ada jaringan listriknya. Bismillahirrahmaanirrahiim, bagi perusahaan, instansi dan stakeholder apapun yang mengkitalkan power supply berupa listrik, sudah selayaknya mempertimbangkan untuk pengadaan genset ini. Ya kita tahulah, yang namanya listrik kan akan terus-terusan menyala. Akan ada saat pemadaman listrik karena berbagai alasan penting ataupun faktor unexpected. Mungkin bagi warga biasa semacam saya, kala listrik padam, cukuplah menggunakan emergency lamp atau lilin. Tapi untuk skala perusahaan, instansi, dan lembaga lainnya yang membutuhkan penerangan dan power supply untuk mendukung operasional, mau tak mau harus perduli untuk pengadaan genset. 

That’s why layanan sewa genset tetap releven, apalagi di daerah tertentu dan juga pedalaman tentunya makin sangat diperlukan, pasalnya akses listrik yang belum bisa menyeluruh membuat jasa sewa genset menjadi menjamur, sewa genset kalimantan khususnya di daerah yang belum terjangkau menjadi jawaban yang bisa digunakan untuk bermacam alasan. Contohnya jika seseorang menghendaki untuk mengamankan rumah mereka ketika terjadi bencana alam seperti banjir dan sejenisnya. Memastikan bahwa operasional penyimpanan bahan makanan tetap optimal. Bisa juga digunakan untuk perusahaan lokal, rumah sakit maupun sekolah, tuntutan supply listrik tambahan dapat diminta untuk menjaga kegiatan operasional ketiga instansi tersebut.
Masih relevankah Genset Saat Ini?
Kita takkan pernah tahu kapan bencana alam akan terjadi oleh karena itu di saat kondisi yang genting, persewaan genset memang selalu dicari dan diharapkan bisa dapat segera mengatasi permasalahan supply listrik tambahan atau sementara. Untuk memahami jenis genset dan daya yang tepat sesuai dengan kebutuhan Kita, hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Setidaknya, dua alasan ini adalah bagian dari banyak pertimbangan kenapa genset masih diperlukan di jaman dengan teknologi listrik sudah canggih:

Pertimbangan yang pertama adalah Situasi darurat.
Sebagaimana yang sudah dibahas, baik genset siaga maupun genset portable kemungkinan diperlukan untuk memberi supply tenaga tambahan guna meningkatkan unsur-unsur operasional. Saat listrik padam, produksi akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Atau ada sumber backup daya untuk memastikan bahwa akan ada 1-2 hari off supply daya tambahan, tergantung pada kebutuhan.

Pertimbangan yang kedua untuk menyewa genset adalah Rekomendasi.
Sebelum Kita memutuskan untuk menghubungi layanan sewa genset di berbagai daerah,  pastikan bahwa ada beberapa unsur utama untuk penelitian maupun mencari informasi. Hal ini akan dapat mempercepat proses penyewaan dan memastikan bahwa tidak akan ada yang salah. Genset bervariasi tergantung pada kebutuhan daya, namun ada juga kombinasi dari genset siaga dan genset portable, termasuk trailer yang terpasang genset. Semua dapat memenuhi kebutuhan setiap orang terlepas dari besaran daya yang dibutuhkan. 

Kita bisa langsung mengkonsultasikannya pada jasa rental genset terpercaya yang melayani seluruh wilayah Indonesia, di Sewatama selain sewa genset sewatama juga menyediakan penyewaan peralatan proyek, dan service genset  yang tersebar di seluruh Indonesia. Itulah beberapa informasi mengenai manfaat genset yang jarang diketahui. 
Bersama postingan ini, turut mendoakan semoga saudara-saudara kita yang berada di Palu dan Donggala yang beberapa hari lalu mengalami gempa dan tsunami diberikan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan oleh Allah Ta’ala. Dan semoga kita semua bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa gempa dan tsunami ini.


* Sponsored Post

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

29 comments:

  1. wah betul bgt ya kalau di daerah kena bencana kan listrik mati dan pastinya butuh genset untuk menyalakan listrik

    ReplyDelete
  2. Genset itu masih di butuhkan banget mbk, cz menjadi solusi alternatif jikalau listrik belum bersahabat

    ReplyDelete
  3. Genset bagi saya perlu, masih perlu pakai banget. Bukan hanya tentang menjaga saat ada musibah atau bencana, genset di daerah kami juga sangat perlu untuk kebutuhan listrik yang cukup besar untuk mensupport adanya event atau acara di malam hari, karena kalau pakai listrik PLN luar biasa nanti biayanya. Terus selain itu cadangan di saat mati listrik, kalau listrik mati ya sudah kami gak bisa bekerja, jadi perlu adanya cadangan listrik dengan genset.

    ReplyDelete
  4. Masih dong, kadang pas sedang mengadakan hajatan, genset diperlukan untuk menopang tenaga listrik, karena takutnya mati listrik.

    ReplyDelete
  5. Masih perlu menurutku, acara yabg daya listriknya besar bisa pakai bantuan genset. Terus terkadang listrik sk mati mendadak tanpa pemberitahuan sblmnya, prusahan2 besar butuh juga sepertinya

    ReplyDelete
  6. Menurutku sih masih perlu apalagi kantor - kantor jadi kalau mati lampu pun masih bisa kerja. Eh perumahan - perumahan juga menurutku penting sih biar kalau mati lampu ga gelap haha

    ReplyDelete
  7. Walau sudah ada listrik, menurut saya genset tetap penting sih. Kalau di kampung halaman sana ibu n sodara2nya ada genset, jadi saat listrik mati mereka pakai ramai2 berapa rumah gitu. Tetap benderang.

    ReplyDelete
  8. Sekaranf kita udah tergantung banget sama listrik, gak bisa deh kalo padam sebentar aja. Makanya genset itu perlu.

    ReplyDelete
  9. Beneeerr, meski aliran listrik udah ada, genset masih tetap dibutuhkan, mba. Pengalaman pernah mati lampu selama 3 hari. Untung ada genset, jadi masih bisa mandi, charger hp, dll.

    ReplyDelete
  10. Adikku tinggal di Tanjung Pinang, yang listrik sering mati katanya, wajib punya genset di rumahnya untuk mengatasi nggak ada listrik.

    ReplyDelete
  11. Dulu aku gak pernah mikirin pake genset mba. Tapi, waktu tinggal di Sumatera sana, ada kalanya listrik mati tiap hati dan lamaaaa wajar sih kalau tetanggaku pada pake genset.

    ReplyDelete
  12. Perlu banget ya kalau daerah suka mati lampu. Apalagi kegiatan ngeblog perlu listrik eh batre hp hehhe kalau mati lampu lama aduuh mati gaya deh

    ReplyDelete
  13. Dulu ditempat ortu sy yg jauh agak di desa itu, walaupun listrik udah masuk tp mati lampunya sering banget. Bahkan ada loh yg dalam satu bulan itu 12 jam sehari mati lampu. Jd butuh banget genset. Aplg kalo pny usaha.

    ReplyDelete
  14. Pas sekolah lagi dan pumping akhirnya rumah pasang genset. Dan ternyata bener makin ke sini makin sering mati

    ReplyDelete
  15. Betul mba genset untuk daerah pedalaman dan saat bencana sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  16. Menurutku sih genset ini penting mbk, apalagi skrg sering mati listrik

    ReplyDelete
  17. Di tempatku juga warga banyak yang punya genset Mbak. Soalnya sehari hari tu sering banget mati lampu. Jadi keberadaan genset sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  18. Wah iya. Biasanya sih untuk kebutuhan sekampung ya. Karena suaranya jg bisa mengganggu kalau tetangga ga ikut make hihihi..

    ReplyDelete
  19. untuk pabrik2 atau bahkan supermarket yang memiliki ruang yang harus dijaga suhunya wajib banget ada genset

    ReplyDelete
  20. Genset masih diperlukan untuk saat sekarang. Soalnya masih sering mati lampu hihihi..
    Untuk badan penting seperti rumah sakit, genset pasti diperlukan ya, kan? :)

    ReplyDelete
  21. Terakhir aku lihat genset malah tahun 2014, Mbak hahaha. Karena saya pakai waktu ngajar dulu di bimbel.

    ReplyDelete
  22. Biasanya isntansi2 butuh. Kalau perorangan mungkin yang punya kyk industri rumahan atau usaha toko atau rumah makan gtu butuh nih hehe.

    ReplyDelete
  23. Enggak cuma wilayah yg masih jauh dari jangkauan listrik aja, di kota2 yg masih kena jatah pemadaman juga penting nih genset mba. Ada industri tertentu yg sangat mengandalkan listrik untuk proses produksinya. Bisa myumet kalau ga ada genset saat listrik padam.

    ReplyDelete
  24. Kalau di tempatku di Medan Genset laris manis mbak soalnya sering banget mati lampu

    ReplyDelete
  25. Waaah kreatif ya sekarang penyewaan genset aja bisa sewa via online.

    ReplyDelete
  26. Bener, nih. Kalau listrik padam selalu kelabakan karena nggak punya genset :(

    ReplyDelete
  27. Iya genset ini penolong banget karena aku pernah punya cerita zaman anakku masih 3bulan lalu mati listrik selama 8jam. Sukses anakku susah tidur karena kepanasan padahak sudah dikipasin, belum lagi soal 2 kulkas ASI yang takut2 kalau asinya cair semua. Pokoknya saat itu aku kesel banget sama PLN hahahahaaa

    ReplyDelete
  28. Genset dibutuhkan banget.. Macam P3K.. harus selalu siaga. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan siap pakai..

    ReplyDelete
  29. Tempat untuk sewa genset di surabaya, apakah anda ingin menyewa genset di surabaya? Di tempat kami juga menjual genset bekas. Jual beli genset bekas di kota surabaya

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.