Header Ads

Life is flowing in its story leaving history for better present and future
  • What's News

    Haid Anda Tidak Teratur ? Yuk, Kenali 7 Penyebab Haid Tidak Teratur Ini

    "When you replace LOSE with LEARN in your mind & heart, the thought of failure become less daunting & lets you FOCUS on growth then go forward"

    Haid atau menstruasi adalah peristiwa peluruhan dinding rahim atau endometrium karena sel telur yang sudah matang tidak dibuahi oleh sperma. Peristiwa peluruhan dinidng rahim nilah yang disebut dengan hadi/menstruasi. 

    Seperti yang Bismillahirrahmaanirrahiim kita tahu, bahwa haid merupakan salah satu fitrah yang melekatkan pada kaum hawa, setiap perempuan akan terus mengalami siklus haid atau menstruasi selama masih usia subur (belum menopause). Normalnya siklus haid antara 28 – 29 hari, tapi ada beberapa perempuan yang memiliki siklus haid ini antara 20 sampai dengan 35 hari. Sekitar 90% wanita memiliki siklus haid di rentang 25 – 35 hari, dan sekitar 10% mempunyai siklus haid di kisaran 28 s/d 29 hari.

    Akan tetapi siklus haid akan mengalam kestidakstabilan ketika terdapat ketidakseimbangan horman atau berbagai faktor lainnya yang dapat menyebabkan haid tidak lancar ataupun tidak teratur. Makanya, siapa saja perempuan yang masih dalam usia subur yang mengalami haid tidak lancar dibandingkan bulan sebelumnya atau bahkan justru tidak menentu tiap bulannya, memang patut kuatir dan perlu menindaklanjuti dengan serangkaian evaluasi dan pemeriksaan secara medis. Selain itu juga kadang kita takut terjadi suatu hal karena haidnya tidak lancar. 

    Ada banyak faktor haid tidak teratur dan tentunya kita pun harus tahu sebagai perempuan agar tidak panik dan kaget jika mengalami ketidakteraturan tamu bulanan tersebut. Apalagi jika ketidakteraturan menstruasi tersebut dialami pada anak gadis yang baru saja mendapatkan hak istimewa menstruasi. Khusus untuk kasus menstruasi tidak teratur yang biasanya dialami oleh anak gadis yang belum lama mendapatkan siklus haid, tak perlu over worry karena secara naturally memang masih dalam fase penyesuaian organ-organ reproduksi. Honestly, saya pun mengalami hal tersebut ketika pertama kali dapat haid, dimana haid yang kedua baru datang lagi sekitar 6 bulan berikutnya.

    Nah, yang perlu dan harus diketahui jika kondisi haid tidak teratur terjadi pada perenpuam dewasa yang sebelumnya tidak ada masalah dengan rutinitas bulanan tapi kok bulan selanjutnya mengalami kemunduran jadwal kedatangan tamu bulanan, maka berikut ini ada beberapa penyebab haid yang bisa jadi penyebab tidak lancar yang bisa jadi referensi pengetahuan kita, antara lain:

    1. Kadar Hormon Kesuburan yang diluar batas stkitar (normal) Disfungsi Ovarium
    Ada jenis hormon yang memiliki peran penting terhadap fungsi ovarium, yaitu AMH dan FSH. Ketika level AMH (Anti Mullerian Hormone) terlalu rendah, salah akibat significant yang terjadi adalah pada kesuburan dengan gangguan yang bisa ditengarai salah satunya adalah haid yang tidak teratur. Perlu diketahui, level AMH yang normal adalah 1,5 – 4,0 ng/ml. Jika level AMH diluar range normal, akan mneyebabkan gangguan kesuburan karena AMH adalah salah test medis untuk mengetahui kuantitas sel telur. 

    Berbading terbalik dengan AMH, maka FSH atau follicle stimulating hormone yang kadarnya tinggi merupakan kondisi yang membawa efek ketidakstabilan pada siklus menstruasi bagi perempuan. Penting untuk diketahui FSH ini berfungsi untuk memacu pertumbuhan dan kematangan folikel atau sel telur dalam ovarium serta mempengaruhi pada peningkatan hormon estrogen pada perempuan. 

    FSH yang terlalu tinggi atau biasa dikenal dengan PCOS Tanda-tanda awal PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik bisa mempengaruhi kesuburan bagi perempuan, dengan tanda-tanda yang biasa muncl antara lain haid yang tidak beraturan, kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita yang meningkat, dan munculnya banyak kista (kantong berisi cairan) pada ovarium. Maka ketika seorang perempuan yang masih di usia subur mengalami (minimal) dua dari tiga tanda tersebut, kemungkinan mengidap PCOS (FSH tinggi). Perlu untuk diketahui FSH yang normal pada perempuan usia subur adalah 3-20 mIU/ml 

    2. Pemakaian Alat Kontrasepsi
    Bagi perempuan yang sudah menikah, biasanya menggunakan alat kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan. Adapun alat kontrasepsi yang banyak digunakan adalah pil dan IUD dan bagi sebagian kaum perempuan pemakaian alat kontrasepsi ini membawa efek samping, salah satunya menyebabkan siklus haid tidak teratur. Oleh sebab itu, sangat penting untuk aktif berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang well known agar penggunaan alat kontrasespi aman, nyaman dan sehat.
    Kenali 7 Penyebab Haid Tidak Teratur
    3. Obesitas atau Over Weight dan Rendahnya Berat Badan
    Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang akan menyebabkan over weight dan rendahnya berat badan. Berat badan tak hanya menjadi hal yang sangat dihindari bagi kaum perempuan, selain karena membuat rasa tidak nyaman, tapi juga berat badan yang berlebihan bagi perempuan bisa membawa dampak pada siklus haid. 

    Tak hanya obesitas yang bisa mempengaruhi siklus haid, rendahnya berat bada juga bisa berdampak pada gangguan siklus haid karena ketersediaan lemak tidak mencukupi saat pembentukan hormon haid. Apabila kita memiliki berat badan yang 10% lebih rendah dari berat normal atau pada umumnya, tentu akan mempengarui fungsi organ tubuh, terutama sistem reproduksi yang akan mempengaruhi ovulasi. Hal tersebut tentunya sering kali terjadi terutama pada orang yang mengidap gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia. Alangkah baiknya hal tersebut harus cepat kita perbaiki dengan cara menambah berat badan kita dengan konsisten menjalankan pola makan dengan gizi yang seimbang.

    4. Mengalami Stres (Depresi)
    Selain itu juga, penyebab gangguan menstruasi bisa terjadi karena stres. Stres merupakan suatu hal yang sering dialami oleh banyak orang, tak terkecuali bagi kaum perempuan. Stress memang tak bisa dihindari tapi perlu dikelola dengan baik. 

    Apabila kita kurang baik dalam mengelola stress sehingga berlarut-larut, salah satunya dampaknya tentu saja akan mempengaruhi stamina tubuh yang bisa menjadi faktor terganggunya menstruasi. Nah stres ini dapat mempengaruhi kadar hormon serta kondisi tubuh kita. Selain berdapak pada sikluas haid stress juga akan menyebabkan penurunan berat badan secara drastis danterasa sakit. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup kita serta biasakan untuk rileks.

    5. Aktifitas yang Berlebihan.
    Yupsss, pekerjaan dan aktifitas rutin yang bejibun tak hanya akan menyebabkan kelelahan yang mendera tubuh, tapi juga akan berpengaruh pada kinerja kelenjar hypothalamus yang memiliki peran penting dalam produksi hormon mentruasi sehingga akan mempengaruhi pelepasan sel telur (ovulasi), akibatnya haid pun jadi tidak lancar/tidak teratur. 

    Masuk akal kan jika harus bisa mengukur daya kemampuan fisik kita terhadap kuantitas pekerjaan atau aktifitas yang kita jalani sehari-hari. Kita sendirilah yang tahu banget seberapa batas maksimum kemampuan kita. 

    6. Menderita Penyakit (serius)
    Ada beberapa jenis penyakit yang ketika dialami oleh seorang perempuan akan mengakibatkan haid tidak teratur. Penyakit tersebut antara lain:kelainan pada rahim, kista, myoma, diabetes, kanker (umunya pada saat masa penyembuhan yang mengharuskan menjalani kemoterapi, radiasi dan treatment sejenisnya akan berdampak pada ketidakterautan pada siklus menstruasi)

    7. Pra-Menopause 
    Ketika seorang perempuan memasuki usia 50an biasanya mulai mengalami fase mentruasi yang tidak teratur sebagai pra-kondisi jika akan mengalami menopause atau tidak mengalami haid lagi karena sudah tidak terjadi ovulasi. Dalam beberapa kasus bisa terjadi di usia yang lebih muda yang dikenal dengan istilah menopause dini. 

    Jika ketidakteraturan siklus haid ini masih dalam kondisi wajar, semestinya tidak memerlukan penanganan khusus. Tapi jika terjadi pendarahan yang hebat, maka sangat disarankan untuk ke dokter agar bisa dilakukan tindakan yang tepat, mengingat pendarahan yang berkepanjangan akan bisa berakibat tidak baik kan?

    7 penyebab haid tidak teratur ini merupakan sebagian dari sekian hal atau kondisi yang membawa efek pada siklus menstruasi. Intinya, ketika mengalami haid tidak teratur dan anda tidak berada di kondisi nomer 6 dan 7, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar bisa segera diketahui apa penyebab sebenarnya anda mengalami haid tidak teratur tersebut. 

    Dengan mengetahui penyebab haid tidak teratur dengan cepat dan tepat, maka tindakan yang representatif bisa segera dilakukan agar siklus haid Anda kembali normal. Kalau bukan kita sendiri yang perduli, terus siapa lagi?




    *Sponsored Post

    No comments

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.