WHAT'S NEW?
Loading...

Sleman-mall: Startup Lokal untuk UKM Sleman

Seperti penggunaan namanya, maka STARTUP memiliki definisi sebuah perusahaan (jenis usaha) yang baru dirintis dan mulai dikembangkan dimana operasional usaha menggunakan internet (on line). Ciri lain perusahaan yang bisa dikategorikan ke dalam startup ini adalah usianya kurang dari 3 tahun, dengan tenaga kerja kurang dari 20 orang dan penghasilan belum mencapai 100.000 USD per tahunnya dan masih dalam proses pencarian segmen pasar yang tepat atau bisa juga disebut dalam masa pencarian identitas diri sebagai sebuah perusahaan. 

Startup sendiri mulai dikenal pada jaman 90an akhir – awal 2000an dan hingga saat ini jumlah startup yang ada di Indonesia (sangat mungkin) sudah melebihi angka 2000 (estimasi saya) karena Bismillahirrahmaanirrahiim data terbaru dari hasil browsing ada yang menyebutkan jika jumlah startup di Indonesia sudah mencapai 1500-an. Maka, kalau dikaitkan dengan fenomena era media sosial dimana user internet di tahun 2013 saja sudah mencapai 70an juta.

Faktanya, semakin ke kini promosi dan penjualan kan banyak tuh yang menggunakan sosial media karena memang potensi pasarnya dan peluang untuk menjaring konsumen sangat kondusif dari jumlah user sosmed tersebut. Pelaku usaha dan (calon) konsumen bertemu dan dipertemukan melalu jejaring sosial media, hal ini sepertinya sudah menjadi semacam sasaran dan metode pemasaran menjanjikan.
Jenis startup di Indonesia saat ini, menurut versinya CEO dailysocial.net, bisa dikelompokkan dalam 3 jenis bidang usaha yaitu startup pembuat game, aplikasi edukasi dan startup perdagangan serta informasi (e-commerce). Ketiga jenis startup ini sangat mungkin untuk bisa dimulai bahkan oleh individual dan dengan modal yang tidak besar. Jadi bukan hal yang tidak mungkin jika sebuah startup bisa dimuali dengan modal rajin update status di akun sosial media saja. 

Dengan melihat, membaca, memahami apa dan bagaimana tipikal startup versi singkat ala saya di atas, maka salah satu startup lokal yang terdekat yang saya ketahui saat ini adalah sleman-mall.com, yang berorientasi pada perdagangan secara e-commerce untuk produk-produk UKM di Sleman.

Menilik dari namanya, pada awalnya banyak yang mengira kalau sleman-mall merupakan nama sebuah mall baru yang (akan) didirikan di sleman. Tapi sleman-mall.com ini dicanangkan sebagai toko online bagi para pelaku usaha (industri) di wilayah Kabupaten Sleman. Bisa dibilang, kehadiran sleman-mall ini melengkapi keberadaan Show room UKM yang selama ini sudah eksis sebagai fasilitas dan tempat UKM mempromosikan dan menjual barangnya.

Ecomerce ini merupakan hasil kerjasama Bank BNI ’46 bersama Dinas Perindustrian dan dan secara resmi sudah dilaunching pada tanggal 21 Mei 2016 lalu, bersamaan dengan pelaksanaan Pameran Potensi Daerah dan dalam rangka peringatan 1 Abad Hari Jadi Kabupaten Sleman. Sebenarnya saat launching kala itu baru available grand desain si sleman-mall, sedangkan SOP dan mekanisme lainnya belum tersusun, al hasil setelah serangkaian proses (berliku) maka secara de facto operasional sleman-mall bisa dimulai Bulan Desember 2016. Kurun waktu dari mulai launching, sebenarnya sudah ada transaksi tapi masih perlu pembenahan dan sebagai masa inkubasi juga sih. Di kurun waktu tersebut, dilakukan pembenahan sistem on line dan penataan off line nya. Lha iya kan, meski namanya ecomerce atau toko online se canggih apapun kan tetap perlu ada tim untuk menjalankan system secara off line yang solid.
Ruang untuk the Tim behind  The sleman-mall.com
Saat ini, pengoperasionalan sleman-mall dilakukan oleh tim dari IKAPIM, salah satu asosiasi UKM di Sleman. Bagi UKM Sleman yang hendak gabung di sleman-mall ini bisa langsung mendaftar, bila masih belum paham apa-apa mengenai apa dan bagaimana berjualan secara online, akan ada tim pendampingan mulai pembuatan lapak (akun), penggunaan akun dan transaski jual-beli. 
Sebagai contoh prototipe yang sudah ada, sleman-mall ini serupa dengan Tokopedia, bukalapak, dan ecomorce lainnya. Berikut ini beberapa gambaran yang terdapat pada sleman-mall sebagai wadah ecomerce UKM di Sleman, antara lain:
  1. Sleman-mall.com terbuka untuk pelaku UKM di sleman, tidak dikenakan biaya apapun untuk bisa menjadi anggota/seller di Sleman-mall.
  2. Harga jual barang merupakan hak prerogatif pemilik barang, Disperindag tidak mengambil keuntungan/profit dari hasil penjualan barang-barang yang diperjual-belikan di sleman-mall.
  3. Ruangan khusus yang dinamakan “rumah kreatif”, dimana fungsinya antara lain untuk proses edukasi bagi pelaku UKM yang perlu pendampingan bagaimana berjualan di sleman-mall, termasuk cara memotret, mendisplay dan mengisi atribut lainnya pada akun yang di milikinya pada sleman-mall.  
  4. Sarana prasarana kerja seperti laptop, meja-kursi dan kamera DSLR (beserta aksesorisnya) serta jaringan internet yang kuat.
  5. Tentu saja ada (semacam) tata tertib yang disepakati bersama antara pihak Dinas, pengelola dan seller (UKM) demi menjaga kredibilitas sleman-mall karena keberlangsungan sleman-mall ini tetap menjadi tanggung jawab Dinas selaku instansi resmi yang bekerjasama dengan BNI ’46.

Agar semakin banyak UKM di Sleman yang bisa memanfaatkan fasilitas berjualan online secara gratis di sleman-mall.com, pada tanggal 27-28 Desember lalu juga diadakan semacam sounding keberadaan sleman-mall ini melalui forum komunikasi dengan UKM dan masyarakat umum. 
Intinya, peran aktif UKM untuk memajukan sleman-mall menjadi startup bisnis ecomerce bagi UKM ini sangat diperlukan.
(Inside) Rumah Kreatif Sleman-mall.com
“ Lantas benefit atau keuntungan apa yang diperoleh oleh Disperidag dengan adanya Sleman-mall ini ?”, salah satu pertanyaan yang sempat saya terima langsung dari salah satu Dosen UGM yang sedang mempelajari mekanisme di sleman-mall. Konon, katanya UGM dengan bantuan/fasilitasi dari pihak Bank ’46 juga akan membuat ecomerce serupa sleman-mall dengan segmentasi produk-produk (barang dan jasa) yang dihasilkan dari kalangan UGM sendiri.

Kalau benefit secara materi, memang Dinas tidak mengambil keuntungan apa-apa. Yang menjadi tujuan keberadaan sleman-mall adalah out come (jangka panjang) yaitu produk UKM Sleman minimal menjadi tuan rumah di rumah sendiri dan mampu berkompterisi di era free trade. Lebih jauh lagi, tentu saja diharapkan akan ada pelaku UKM yang memiliki daya jual hingga internasional dong.
Bagi yang sudah punya produk (barang konsumsi dan non konsumsi) dan tertarik untuk menjadi bagian sleman-mall, silahkan menghubungi kontak person yang sudah terpajang di web sleman-mall atau bisa datang langsung ke Disperindag deh.

Demikian dulu, cerita singkat mengenai sleman-mall.com. Bagi yang ingin tahu lebih banyak produk-produk UKM apa saja yang sudah dipajang secara on line di sleman-mall, langsung saja blusukan di website tersebut ya.


Tempat Belanja Hijab Yang Fashionable

Kreasi dan model hijab semakin ke kini semakin semarak, motifnya juga kian beragam. Periode awal-awal saya mengenal hijab atau jilbab, modelnya cenderung simple dan coraknya dominan polosan. Sekarang, hijab sudah menjadi fashion yang mendunia, punya trend yang dinamis dan variatif, dam Bismillahirrahmaanirrahiim  mewakili  hampir semua keinginan muslimah yang ingin tampil berhijab secara fashionable.

Kini, sudah sangat banyak desainer kelas nasional bahkan internasional yang produktif dan bahkan fokus untuk menghadirkan model hijab dengan gaya-gaya yang trendy. Tak ada lagi yang menganggap kalau berhijab sebagai model berpakaian yang tidak kekinian atau ketinggalan zaman. Bagi yang suka tampil casual pun tetap bisa kok tampil modis dengan kombinasi warna dengan model hijab yang stylish. Lha model hijab segi empat atau kondang dengan sebutan jilbab Paris itu, saat ini sudah banyak yang menggunakannya dengan padu padan bentuk yang kece-kece kan?
Demikian juga hijab yang pashmina, untuk menghasilkan kreasi hijab dengan pashminan ini pun juga banyak kreasinya dan itu bisa dilakukan dalam waktu singkat tidak pakai lama. Bagi yang sudah mahir, hanya butuh waktu 3-5 menit saja sudah bisa tuh mengenakan pashmina dengan model-model yang unik, cantik dan anggun. Tak hanya untuk acara-acara santai semacam jalan-jalan, belanja, arisan RT, tapi untuk acara pesta nikahan atau acara yang sifatnya formal lainnya, penggunaan hijab pashmina kian digemari karena bisa dimodifikasi modelnya serta tidak pakai lama untuk mengenakanya.

Saat ini adalagi hijab yang semakin diminati dan membuat para hijabers sumringah dalam berhijab yaitu tersedianya model-model hijab dan jilbab instan. Yoii, kini sudah banyak kreasi hijab insntan yang tinggal pakai dengan model dan coraknya juga ciamik-ciamik banget. Asyik kan, semakin banyak pilihan untuk berhijab dari yang mulai selembar kain seperti jilbab paris dan pashmina yang dipadupadankan dalam kreasi berbasis kreatifitas dengan nuansa estetika fashion, dan kini bertaburan aneka model hijab instan yang bisa dibeli dengan mudah.
Fenomena perkembangan hijab ni tak hanya pada model, motif dan fashion, tentu juga berdampak secara linear pada sistem jual-belinya. 
Ngomong – ngomong soal pembelian hijab ini, toko-toko yang menyediakan perlengkapan untuk mengenakan busana muslimah ini juga berkembang pesat. Banyak toko-toko, outlet, butik hingga di mall-mall besar yang menjual hijab dan aksesorisnya. Tak hanya penjualan secara off line yang tumbuh pesat, penjualan secara online pun semakin banyak dan memberikan banyak pilihan bagi calon pembeli. 

Nah, dari sekian banyak toko online yang saat ini eksis berjualan hijab plus perlengkapannya, diindriHijab hadir dan siap menjadi pilihan tempat belanja untuk memenuhi kebutuhan berbusana muslimah Anda. Mulai dari hijab pashmina, hijab instan dengan beragam model, warna dan motif serta baju-baju muslimah serta aksesoris yang melengkapinya.
(Salah satu ) Pashmina dari diindrihibab.com
Bahkan, sebenarnya diindrihijab yang berpusat di Jakarta ini adalah produsen busana muslim yang memfokuskan diri pada produk hijab. Dan saat ini sudah bekerja sama dengan sederet ecomerce yang sudah berkibar seperti Hijabenka, Lazada, Blibli, LYKE, Zilingo, Line Shopping, Tokopedia untuk menyuplai busana muslim. Karena sudah menjalin kerjasama dengan sekian banyak shop line ternama di Indonesia, tentu kan jaminan dan kualitas produknya juga prima.
Seperti halnya toko online yang sudah berkibar itu, diidri hijab juga sudah memiliki sistem pelayanan yang terpadu sehingga konsumen bisa menerima order/pesanannya dengan baik, benar dan jelas. 
Tertarik? Atau penasaran dulu juga boleh kok, silahkan di lihat-lihat dulu diindrihijab dan jika menemukan model hijab yang klik di hati dan ingin membelinya, silahkan gunakan kupon dengan kode ririekhayan15 lho ya? Lumayan kan, bisa dapat diskon 15% untuk setiap minimal pembelian Rp.100.000,- (berlaku sampai dengan 28 Pebruari 2017). 

Selamat berbelanja Hijab dan keperluan berbusana muslim lainnya di diindrihijab.com yaaaaa… 

Email: cs@diindrihijab.com
Phone: (+62) 81291737417


* Sponsor Post

5 Cara Membangun Personal Branding di Era media Sosial.

Personal branding adalah proses yang dilakukan untuk memberikan “merk” terhadap diri sendiri agar dikenal secara luas, dimana proses tersebut dilakukan secara berkelanjutan, jelas, konsisten dan memberikan nilai positif. 

Kurang lebih pemahaman tentang personal branding yang saya pahami seperti definisi di atas. Secara lugas, personal branding bisa juga diterjemahkan sebagai usaha-usaha yang kita lakukan dalam rangka membangun image (self package seperti apa) di dalam pandangan masyarakat luas, at least di lingkungan dan komunitas terdekat kita. Maafkan sebelumnya jikalau postingan ini berbau-bau teoritis ya? Demi tema LBI lagi yang memantik tema tentang Membangun Personal Branding.

Sedikit yang saya ketahui, Bismillahirrahmaanirrahiim personal branding ada dan bisa dilakukan secara terencana, juga tidak sedikit yang membangun personal branding secara  tidak sengaja alias flow in nature, dimana terbentuknya personal branding bisa dianggap sebagai bonus (impact) atas kegiatan/hal-hal yang dilakukan secara ajeg, kontinu dalam alur proses yang semakin meningkat grafik kualitasnya. Setiap individu adalah makhluk yang special dan memiliki keunikan masing-masing, maka seyogyanya setiap individu memiliki kompetensi untuk membangun personal brand yang solid. 
Personality, pengembangan karakter
Kalau mau ditelusuri dengan seksama dan secara singkat, secara terencana atau tidak, pada dasarnya di era digital ini sudah banyak dari kita yang membangun personal brand. Dan ringkasnya, bisa saya sebutkan 5 Cara (mudah) membangun Personal brand di Era Media Sosial:
  1. Kenali diri sendiri, passion dan skill apa yang bisa di explore secara maksimal. Pada tahap awal ini, kita tetapkan “label” apa yang ingin kita tempelkan: sebagai full time blogger? Atau lebih spesifik menjadi traveler/food/fashion/beuaty/parenting blogger atau konsultan atau desainer interior atau pelukis? Atau bidang keahlian lainnya? Kalau masih bingung, bisa dicobain dulu yang sekiranya sreg, dalam proses dan berjalannya waktu, biasanya sih akan menemukan alur yang pas dengan integritas diri kita kok. Life is flowing in its story, begitu pula proses untuk menemukan ‘merk’ yang akan dikenakan sebagai personal branding.
  2. Personal branding is be better yourself not just be your self. Personal Brand harus di setting untuk mengarah pada pencapaian kualitas brand diri yang meningkat dari waktu ke waktu yang direpresentasikan pada gerak laku setiap hari. Kira-kira semacam Ibu Syahrini aka Princess Syahrini itu. Segala atribut, tingkah laku, gaya bicara, dan semua pokoknya terintegrasi dengan dirinya. Menyatu, gettu deh. Resepnya, ya kita pilih brand yang sesuai dengan diri kita, rise from the bottom of your heart, demikian singkatnya, sehingga proses achievementnya bisa kita nikmati.
  3. Membuat media (utama) untuk mensoundingkan siapa diri kita, seperti blog, youtube, Instagram atau media online dan off line lainnya yang mendukung ‘promosi’ branding yang sudah kita pilih dan bangun. Semakin spesifik personal branding yang kita bangun, tentu akan more remarkable. Semisal memilih jadi blogger yang spesifik pada niche edukasi atau kesehatan atau music blogger (blogger yang secara khusus dan konsisten membuat konten seputar dunia musik). Atau menjadi Blogger sekaligus VLogger tentulah perlu memperkaya blog dengan dilengkapi konten berbasis multi media, khususnya yang audio visual. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa dipilih untuk membuat tayangan video yang kece badai dan tidak pakai lama untuk menggunakannya. Atau bidang keahlian lainnya? 
  4. Memperluas networking, terlebih di era digital dimana networking ini bisa dilakukan secara multi media. Maksud saya, selain media utama yang kita gunakan sebagai “pusat branding”, kita juga aktif menggunakan media sosial untuk menunjukkan keberadaan diri kita, bisa melalui up date status di FB, IG, Twitter, Wattpad atau akun sosmed lainnya. Tentu saja, konten yang tampilkan yang simultan dengan brand yang sudah kita pilih dan kita pusatkan pada media utama, agar berfungsi sebagai pilar pendukung personal branding. Akan lebih baik jika lintas passion, usia, gender dan lain sebagainya. Semakin luas dan heterogen jejaring yang kita miliki, maka akan semakin multiple pula outcome dari personal branding yang sudah kita set up.
  5. Jangan lupa, keep on continue to maintain your personal branding. Setinggi apapun popularitas posisi personel branding yang dibangun tapi jika tidak dilakukan “perawatan” yang berkelanjutan, bukan hal yang mustahil akan cepat merosot bagai bintang jatuh karena kalah bersinar dengan orang lain yang personal brandingnya berkilauan, baik dari orang yang setipe personal brandingnya maupun yang berbeda.

Kunci personal branding dengan keep up to date and up grade, kemudian buktikan dengan portofolio terkait brand yang kita bangun. Kalau personal brand-nya sebagai pelukis, ya produktif membuat lukisan berkualitas tinggi. Mau pilih brand sebagai blogger parenting, tentu saja perbanyak tulisan yang bermuatan mengenai dunia parenting yang dilengkapi multimedia juga dong. Dan seterusnya.

builiding personality
Personal brand tidak lagi menjadi dominasi dunai bisnis, perusahaan, organisasi, tapi secara individual semua orang bisa membangun personal brand. Masih galau, apa sih pentingnya membangun personel brand? Baiklah, berikut sebagian (kecil) Manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki personal branding (kuat) antara lain:
  • Meraih popularitas, siapa tahu lama-lama bisa se-femes selebriti walau tidak exist di dunia entertainment.
  • Bisa membuka peluang dan peran untuk menjadi leadership (yang sesuai dengan brand yang sudah melekat pada diri kita)
  • Menjadi trend setter yang menginspirasi orang lain.
  • Jika ada job-job review, iklan, project atau apapun itu yang berbau “job” akan datang tanpa perlu mencari lagi, bahkan bisa membuat bargain position (baik mengenai harga, content dan sebagainya)
  • Personal brand merupakan aset yang jangka panjang yang termasuk renewable resources karena di dalam personal brand terdapat unsur utama: You are what you think and what you do. Unik, spesial dan beda dari orang lainnya. 
  • Dan masih buanyak manfaat kebaikan lainnya dengan adanya personal branding ini.

Jadi, segeralah buang jauh-jauh mind set “ tidak penting dikenal sebagai apa/siapa, yang penting bekerja dan dapat penghasilan”. Jangan merasa tidak PeDe untuk memulai membangun personal Branding. 

Bukankah gajah mati meninggalkan gading?
Apapun personal brand yang kita pilih, percayalah jika ada satu jenis personal brand yang bisa kita jadikan mercusuar dan acuan standar dalam jungkir-balik perjuangan membangun CITRA diri yaitu kita ingin dikenal (Personal Brand) dalam pandangan Sang Maha Pencipta sebagai Manusia yang seperti apa? 

Waktu yang Tepat adalah saat Berani MEMULAI (langkah)

ALLAH Sang Maha Pencipta yang Maha Baik memberi kita ikan, tetapi kita harus mengail untuk mendapatkannya. Demikian juga Jika kamu terus menunggu waktu yang tepat, mungkin kamu tidak akan pernah mulai.

Bismillahirrahmaanirrahiim  tulisan ini pernah saya baca sekitar 6 tahun lalu dan menurut saya masih sangat dan akan terus relevan. At least, sebagai selfreminder bagi saya sendiri. Tentang Waktu yang tepat adalah Mulailah sekarang apa (saja) ingin dilakukan. Membuat rencana memang penting, tapi lebih penting lagi Mulai melaksanakannya.

Mulailah di mana kamu berada sekarang dengan apa adanya. Jangan pernah pikirkan kenapa kita memilih seseorang untuk dicintai, tapi sadarilah bahwa cintalah yang memilih kita untuk mencintainya.

Perkawinan memang memiliki banyak kesusahan, tetapi kehidupan lajang tidak memiliki kesenangan. Buka mata kamu lebar-lebar sebelum menikah, dan biarkan mata kamu setengah terpejam sesudahnya.

Menikahi wanita atau pria karena kecantikannya atau ketampanannya sama seperti membeli rumah karena lapisan catnya.
Harta milik yang paling berharga bagi seorang pria di dunia ini adalah....hati seorang wanita .
Begitu juga Persahabatan, persahabatan adalah 1 jiwa dalam 2 raga
Persahabatan sejati layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.
Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu didalam hatimu dan akan menyanyikan kembali tatkala kau lupa akan bait-baitnya.
Rasa hormat tidak selalu membawa kepada persahabatan, tapi Jangan pernah menyesal untuk bertemu dengan orang lain... tapi menyesallah jika orang itu menyesal bertemu dengan kamu.

Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran. Dialah hiasan dikala kamu senang dan perisai diwaktu kamu susah.
Namun kamu tidak akan pernah memiliki seorang teman, jika kamu mengharapkan seseorang tanpa kesalahan.

Karena semua manusia itu baik kalau kamu bisa melihat kebaikannya dan menyenangkan kalau kamu bisa melihat keunikannya tapi semua manusia itu akan buruk dan membosankan kalau kamu tidak bisa melihat keduanya.

Begitu juga Kebijakan, Kebijakan itu seperti cairan , kegunaannya terletak pada penerapan yang benar, orang pintar bisa gagal karena ia memikirkan terlalu banyak hal, sedangkan orang bodoh sering kali berhasil dengan melakukan tindakan tepat.

Dan Kebijakan sejati tidak datang dari pikiran kita saja, tetapi juga berdasarkan pada perasaan dan fakta.

Tak seorang pun sempurna.
Mereka yang mau belajar dari kesalahan adalah bijak.
Menyedihkan melihat orang berkeras bahwa mereka benar meskipun terbukti salah.
Apa yang berada di belakang kita dan apa yang berada di depan kita adalah perkara kecil berbanding dengan apa yang berada di dalam kita.

Kamu tak bisa mengubah masa lalu....
tetapi dapat menghancurkan masa kini dengan mengkhawatirkan masa depan.
Bila Kamu mengisi hati kamu .....
dengan penyesalan untuk masa lalu dan kekhawatiran untuk masa depan, Kamu tak memiliki hari ini untuk kamu syukuri.

Jika kamu berpikir tentang hari kemarin tanpa rasa penyesalan dan hari esok tanpa rasa takut, berarti kamu sudah berada dijalan yang benar menuju sukses.


Things will begin when you start it.



Source: Renungan Kajian Islam/ RKI (lupa linknya)

9 Minuman Tradisonal Yang Bisa Menghangatkan Badan

Sebenarnya ada banyak jenis minuman dengan keunggulan bisa memberikan rasa hangat di badan dan sekaligus sebagian besar terbukti memiliki manfaat kesehatan dan sudah ngetrend sejak jaman nenek moyang kita. Bukankah, Rempah-rempah pula yang menjadi primadona pemikat bangsa Eropa untuk datang dan berdiam berabad-abad di bumi  Nusantara ini.

Musim hujan yang akrab dengan hawa dingin menyelimuti segenap lapisan udara, menjadi fenomena rutin di penghunjung dan awal tahun.  Hawa dingin periode kali ini bagi saya terasa meningkat levelnya hingga tulang rusuk semenjak berada di Bandung.   Bismillahirrahmaanirrahiim  ceritanya neh, dari Januari sampai Bulan Mei ini saya akan menjadi penduduk tidak tetap di Bandung. 

Walaupun ini bukan kali pertama saya ke Bandung, tapi hal pertama yang kali ini sukses menarik keperdulians aya adalah suhu udaranya. Lha wong tidak hujan saja udara di Bandung  sudah dingin, apalagi saat hujan turun dan berkepanjangan dengan ritmis yang tak kunjung tiris hingga malam. Selimut, kaos kaki dan no AC, lumayan lah bisa membantu melapisi tubuh dari tamparan udara dingin.

“ Justru minggu-minggu ini kami mulai merasa udara di Bandung tidak dingin, tapi cenderung gerah “, demikian kata beberapa Widya Iswara yang mengajar Diklat. Mereka sepakat jika udara Bandung sudah beralih menjadi gerah. 

Ya sudahlah,  dingin udara ini pun mengajak saya untuk mendaftari jenis-jenis minuman tradisional yang memiliki kemanfaatan (salah satunya) bisa menghangatkan badan. Minuman berbahan lokal dan tidak sulit untuk ditemukan kemudian di ramu menjadi minuman dengan citarasa yang unik dan membakar tubuh. Berikut 9 Jenis Minuman tradisional yang bisa menghangatkan tubuh yang saya ketahui :

1. Wedang uwuh, merupakan minuman yang berasal dari Yogyakarta juga, tepatnya Imogiri, Bantul. Secara artian leksikal, wedang uwuh memiliki arti sampah. Bisa dimaklumi, karena semua bahan disajikan jadi satu gelas dengan air yang panas. Adapun bahan-bahan yang disebut “sampah” tersebut adalah Cengkeh+ Bunga +daun +batang cengkeh, Kayu Secang, Pala +daun Pala, Kayu Manis, akar Sereh, Daun Sereh Kapulaga dan batu yang direbus jadi satu dan disajikan dalam keadaan kemebul panasnya.


2. Minuman Sekoteng masih ada hubungan kedekatan dengan wedang uwuh dan ronde karena merupakan minuman yang asalnya dari Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah jahe dan serai yang dikombinasikan dengan kacang tanah digoreng snagrai, potongan roti tawar, kolang-kaling,  dan bahan lainnya (pandan, kacang hijau, mutiara cina) dan tentu saja gula secukupnya. Semua bahan direbus hingga mendidih dan disajikan saat masih panas sehingga kekhasan rasa “hangat”nya mantab deh.
3. Purwaceng merupakan minuman yang berasal  dari tanaman serupa perdu yang habitatnya di daerah Dieng Wonosobo.  Bagi yang baru mendengar namanya memang agak terdengar  ganjil, setidaknya saya merasa demikian saat ditawari minuman Purwaceng ketika rehat di sebuah warung yang tak jauh dari Kawah si Kidang kala itu. Sebenarnya tanaman Purwaceng ini sudah lama dijadikan minuman juga sebagai lalapan kalau masih segar. Purwaceng yang dijadikan minuman ini melalui proses pengeringan kira-kira selama 2 hari, kemudian di rebus dan dihidangkan saat panas juga. Sebagian besar orang mengenal Purwaceng ini sebagai minuman ala-ala viagra, tapi khasiat lainnya juga banyak sekali antara lain menghilangkan masuk angin, untuk stamina tubuh, mengurangi pegal linu, konon katanya bisa juga untuk obat cacing, antibakteri dan anti kanker. Pada perkembangannya, Purwaceng saat ini sudah dimodifikasi dalam berbagai bentuk kemasan dan di modifikasi dengan bahan-bahan lain, semisal Jahe, pinang, ginseng,  juga kopi.
4. Wedang Ronde, Pertama kali kenal minuman Wedang Ronde ini saat masih kuliah di Surabaya. Saya sempat berkomentar kala itu, “ minuman apa ini, kok kayak ada kleponnya ?”.  Setelah sekian tahun kemudian, saya pun tahu jika minuman yang tenar dengan nama Wedang ronde tersebut ternyata asli Yogyakarta. Bulatan yang serupa bakso terbuat dari tepung beras ketan, wajarlah kalau teksturnya kenyal-kenyil. Komposisi bahannnya sebenarnya tidak rumit kok. bulatan tepung ketan, kacang tanah di goreng sangrai, gula pasir + gula merah secukupnya, batang serai dimemarkan, jahe dimemarkan. Campuran bahan-bahan tersebut direbus dan biasanya disajikan ketika masih panas.  Makin mantaplah rasanya hangat wedang ronde kala dinikmati di malam hari aau ketika udara semriwing dingin.

5. Wedang bajigur ini juga dikenal sebagai minuman penghangat walaupun tak sehangat wedang uwuh atau ronde (yang menggunakan bahan jahe dan serai). Bajigur terbuat dari kopi hitam, santan, gula jawa, gula pasir, garam dan daun pandan. Cara pembuatannya juga simple, semua bahan direbus hingga mnedidih dan lebih nikmat disajikan saat masih panas juga.
6. Wedang secang ini kalau di Sleman kerap disajikan di Hari Jum’at saat senam bersama. Bahan utamanya kayu secang, jadilah warnanya merah-merah agak orange gettu deh. Meskipun tergolong minuman yang memiliki daya penghangat, wedang Secang ini juga cocok untuk diseruput saat habis olah raga.

7. Bandrek sepintas mirip Bajigur, tapi komposisi bahanya lebih banyak dan variatif, yaitu jahe, sereh, cengkeh, daun pandan, susu, gula merah/pasir secukupnya. Bagi orang Tasik dan Bandung, Bandrek ini minuman primadona, terlebih jika udara di Bandung meningkat statusnya dinginnya. Maka minum Bandrek bisa membuat hawa dingin berganti suasana yang penuh kehangatan.

8. Teh Porong jahe minjer. Nah kalau minuman ini sih merupakan hasil ola dan rekayasa campur yang kekinian. Jadi, sebenarnya minuman ini adalah campuran antara the, jahe, daun mint, jeruk nipis dan gula batu yang disajikan dalam wadah berbentuk semacam teko tapi lebih dikenal nama porong (lurik-lurik). Minuman ini saya temu saat mampir makan siang bareng teman-teman setelah dari safari pendataan UKM.
9.Bir plethok Bir plethok, dari namanya mengesankan ada unsur alkoholnya ya? Padahal minuman asal Betawi terbuat dari bahan-bahan alami, semiripan dengan wedang uwuh yaitu : Jahe, kayu secang, kayu manis, kapulaga, cengkeh, serai, daun jeruk, daun pandan, buah pala dan bahan pelengkap (gula pasir, gula merah dan garam sedikit). Minuman Bir plethok ini umumnya juga disajikan dalam keadaan masih panas.

Sudah familiar kan dengan semua nama-nama minuman tradisional yang memiliki keistimewaan bisa menjadi teman yang hot kala udara sedang menurunkan temperaturnya. 9 Nama minuman tradisional yang saya sebutkan di atas bau sebagian kecil dari kekayaan alam yang bisa diracik menjadi minuman penghangat badan.
Jenis-jenis minuman yang awal muasalnya merupakan ramuan rempah-rempah dan di era modern ini sudah banyak tersedia dalam bentuk siap minum seperti model celup, seduh, instant. Yang cara penyajiannya sangat mudah dan cepat yaitu dengan diseduh air panas, asli pas banget dinikmati saat hujan rintik-rintik sambil ngemil pisang goreng.

Alhamdulillah, stock logistik  di  rumah (sebelum berangkat ke Bandung) ternyata masih ada persediaan 3 jenis minuman berbahan rempah : Teh Purwaceng, wedang uwuh  dan sekoteng. Jenis-jenis minuman yang awal muasalnya merupakan ramuan rempah-rempah dan di era modern ini sudah banyak tersedia dalam bentuk siap seduh. yang diseduh dengan air panas, asli pas banget dinikmati saat hujan rintik-rintik sambil ngemil pisang goreng.

Di jaman yang serba modern dengan life style yang kian gemerlap, kenapa juga membuang membeli mahal untuk mendapatkan minuman penghangat tubuh, jika di sekitar kita tersedia sekampiun mimuman herbal nan alami plus menyehatkan. Toh tak berarti kita jadi sosok yang kuno lho kalau kembali membudayakan untuk gemar minum minuman hangat hasil ramuan rempah bumi pertiwi. Selain murah meriah, mudah menyajikannya dan menyehatkan. 

Meski hujan melebat, udara dingin mengikat tulang belikat, kenapa kita tak memilih sederet minuman khas Indonesia seperti yang saya contohkan di atas agar aktifitas sehari tetap panas dan stamina membara. 

Barangkali Anda juga mengenal jenis minuman tradisional yang memiliki cita rasa penghangat badan seperti di atas?


Vlog Jadi Trend Konten Blog 2017

“ Aku menulis (di blog) maka iklan (job review dan sejenisnya) datang “, demikian salah satu komentar pada postingan alasan suka blogging. Artinya, dengan aktif ngeblog secara sendirinya akan membuka salah satu pintu “tawaran job”.

Saya Bismillahirrahmaanirrahiim setuju dengan komentar yang terdapat dari tersebut. Keaktifan menulis di blog yang diseriusi, cepat atau lambat akan menarik “pengiklan” untuk numpang promosi, baik berupa soft selling maupun hard selling. Tak perlu diperdebatkan lagi, Menulis di blog, seringkali merupakan uraian inspirasi, pengalaman, yang mengajak pembacanya berwacana lebih lanjut. Berawal dari hobi (menulis) kemudian bisa menjadi sumber daya kreatif untuk mendapatkan penghasilan, ya kan cool banget. Lebih dari itu, kan umumnya para penulis blog berawal dari kesukaan dan atau hobi menulis.

Kalau tren blogger tahun-tahun sebelumnya terdapat kecenderungan untuk membuat blog yang di branding dengan tema spesifik: parenting, traveling, stylish food, wisata, kuliner, fashion dan seterusnya. Maka main stream tren blogger di tahun ini besar kemungkinan akan berlanjut bagaimana membangun blog (apapun niche-nya) yang lebih kuat daya tariknya. Konsisten dengan tema blog yang sudah dibangun sebelumnya dan melakukan make over dalam membuat konten yang dilengkapi dengan konten multimedia, tak hanya berupa gambar atau feature yang berupa hasil karya info grafis, tapi akan lebih dicetharkan dengan audio visual (sepertinya semacam VLOG kan?).
Vlog Jadi Trend Konten Blog 2017, yaitu Blog dengan konten berkualitas yang memadukan teks, gambar, dan video dalam postingan akan memiliki daya tarik lebih tinggi bagi pengunjung. Apalagi semua blogger tentu mendambakan torehan tulisannya di blog memiliki life time ever green and forever. Artinya, segmen pembaca ke depannya adalah generasi yang lahir sebagai native digital yang memiliki cita rasa terhadap produk-produk digital dan derivatifnya yang bisa di baca sambil disimak, atau bahkan mungkin hanya dengan melihat visualisasinya sudah dapat tuh intisarinya.
Toh saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan untuk membuat video yang impresif. Bisa saja video yang dibuat merupakan kompilasi dari foto-foto yang dirangkai menjadi sebuah tayangan visual yang menarik. Atau memang sengaja membuat skenario untuk membuat video serta sengaja mengambil rekaman sendiri.

Agar lebih efektif, efisien dan multiple benefit, video di unggah ke akun Youtube dulu untuk kemudian digunakan link-nya ditempelkan pada postingan. Ini namanya, sekali mendayung bisa update Youtube dan postingan di blog. Kalau blog dan youtube sudah sama-sama terdaftar di Adsence, hasil juga akan berasa dari dua sumber: dari blog karena bisa menarik banyak pengunjung dan dari youtube.

Oh iya, selain itu tetap penting untuk membuat tulisan yang bersifat Story telling, lengkap dan detail yang menyertakan banyak data tapi tetap bisa membuat pembaca betah untuk membacanya hingga kalimat yang terkahir. Selanjutnya, tulisan sudah stabil dengan kualitas yang prima tersebut, bukan tak mungkin akan membuat pembaca yang mampir ke blog akan ketagihan dan menanti-nantikan new entry berikutnya. Kira-kira, miriplah seperti candu yang terdapat pada serial drama Korea. 

Jadi,
Kalau Anda ingin terkenal, menulislah ! Atau, berbuatlah sesuatu sehingga orang akan menulis tentang perbuatan Anda tersebut ~
Prof. Dr. Mukti Ali.

Motivasi Ngeblog Tahun 2017

Motivasi Terbesar Ngeblog di tahun 2017 adalah melanjutkan motivasi awal membuat blog dan semoga bisa lebih baik lagi menuangkan kesukaan menulis melalui media blog.

Lantas, apa dong motivasi dan Alasan saya ngeblogging pertama kali? Bismillahirrahmaanirrahiim Sebenarnya sudah beberapa kali saya menulis tentang alasan (awal) saya ngeblog. Tapi baiklah, demi pemanasan musim LBI 2017 ini dan sekaligus memenuhi tantangan posting tema perdana tentang Motivasi Terbesar Ngeblog Tahun 2017, maka dengan senang hati saya akan bercerita lagi.  adalah untuk memelihara dan meningkatkan kesukaan (hobi) menulis agar lebih baik lagi. 

Jadi kalau dikerucutkan dan dibuat secara spesifik apa sih motivasi terbesar Ngeblog tahun 2017 ini ya agar bisa ikut event Liga Blogger Indonesia. Lha kalau saya tidak mengkondisikan dan memotivasi diri untuk (minimal) meng-update blog sesuai rule LBI tahun ini, artinya saya akan tereliminasi kan? 

Sadar diri saja, sekitar dua tahun hingga sekarang, irama blogging saya lagi berada pada fase labil. Apapun alasannya, yang jelas frekuensi ngeblog saya memang mengalami penurunan, apalagi jika di bandingkan periode tahun 2012, saat itu saya mencanangkan semacam resolusi dalam ngeblog yakni 10 posting tiap bulan. Secara umum, angka tersebut masih terbilang normal, lha kan ada yang one day one post. Juga ada yang mampu sehari lebih dari satu postingan. Apalagi yang blognya banyak dan aktif semua, salut banget pokoknya.
Alasan Utama Kenapa Blogging
Alasan berikutnya, dengan bisa ikut LBI 2017 ini otomatis akan sangat membantu perbaikan performance statistik blog. Terutama nilai DA atau domain Authority. Alhamdulillah, saat ini posisi DA terjaga di kisaran angka 30 ke atas. Tentunya saya berharap DA tidak mengalami terjun bebas. Itulah kenapa saya harus berani ikut event LBI ini. Sebuah alasan yang saling terkait dan saling menguntungkan, selayaknya hubungan mutualisme.

Dengan memasang alasan ngeblog di tahun 2017 ini agar bisa ikut LBI yang dijadwalkan akan berlangsung selama kurang lebih 7 bulan, akan membawa alasan selanjutnya bagaimana saya mem-push mood booster agar postingan bersifat ever green. Sudah rahasia umum jika salah satu yang mendukung statistik blog memiliki  grafik yang baik adalah karena content. Sekali lagi, content hanya salah satu yang membuat blog kita punya statistik bagus. Masih banyak faktor lainnya yang tak kalah pentingnya.

Nah kalau saya termotivasi untuk membuat tulisan sebaik mungkin, secara linera akan menjadi alasan baru berikutnya yaitu saya harus menghidupkan lagi intensitas membaca, ya tak harus sekian buku dalam sehari. Atau juga bisa mulai lagi menyempatkan untuk Blogwalking, karena BW ini kan juga memiliki peran strategis dalam menunjang unjuk statistik blog.

Taraaa, alasan selanjutnya yang bisa so strong adalah bonus job review, content placememt atau apapun istilahnya yang bisa menghasilkan uang dari aktifitas ngeblog. Kan kalau statistik blog keren, merupakan point untuk bargain saat ada tawaran job di blog? Atau bisa juga, gara-gara statistik blog kita baik, ada (saja) yang menjapri dan PM untuk memberikan penawaran kerjasama. Lhaa kok jadi UUD (= ujung-ujungnya duit)? 

Ya tidak sepenuhnya demikian, JR dan sejenisnya saya anggap sebagai bonus dari hobi ngeblog. Tiap ada penawaran kerjasama melalui Blog, entah karena saya mendaftar atau memang ada penawaran langsung, saya tetap berusaha tawar-menawar.Bilamana tidak terjadi kesepakatan, ya saya anggap nothing to lose. Kalau deal penawaran yang saya ajukan, semoga hasilnya berkah bagi blog dan saya, untuk pihak sponsornya serta semoga banget tak membuat pengunjung blog yang sudah bersedia meluangkan waktu berkungjung merasa eneg karena adanya postingan advertorial.

At least but not the last, seperti yang (juga) sudah pernah saya tulis, saya ingin Menulis sebaik-baiknya karena tulisan yang baik adalah tulisan yang setelah dibaca masih membuat kita ingin membacanya lagi dan lagi. Tiap kali dibaca akan memberikan manfaat yang semakin baik bagi siapa saja yang membacanya. Dan kalau ada yang mengeluarkan lagi sebagai bahan pelajaran, orang lain [berikutnya] yang membaca masih antusias untuk menikmati karena ruh tulisannya masih memiliki daya tarik.

Bagaimana dengan anda, apa motivasi terbesar ngeblog tahun 2017 ini?