WHAT'S NEW?
Loading...

Blogger dan Ekosistemnya

Istilah ekosistem Bismilllahirrahmaanirrahiim lebih umum atau lebih sering diidentikkan dengan ilmu biologi, yaitu   terjadinya hubungan timbal balik atau saling ketergantungan baik secara langsung maupun tidak langsung, antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Seperti kita ketahui bahwa ekosistem terbesar di dunia adalah kehidupan alam semesta ini. Dimana untuk ukuran ekosistem yang lebih kecil, kita mengenal ekosistem sawah, hutan, darat, laut, danau, gunung, pulau, kolam, dan sebagainya. 

Dan sampai sekarang pun, ketika mendengar kata EKOSISTEM yang spontan melintas di pikiran saya adalah pelajaran biologi #jadi merasa pernah sekolah.  Dengan mengacu pada definisi tersebut, berarti istilah ekosistem bisa dilekatkan berbagai bentuk pola hubungan yang terjadi antara suatu populasi dengan lingkungannya, salah satunya adalah untuk populasi blogger yang bisa pula diistilahkan dengan Ekosistem Blogger. Karena pada banyak kondisi, suatu ekosistem memiliki batas-batas yang transparan dan jelas, misalnya seperti pada ekositem yang terbentu secara alamiah: danau, gunung, pulau, kolam, dan sejenisnya. Tapi jika menerjemahkan suatu bentuk hubungan timbal balik dalam kehidupan sosial yang memiliki   komponen-komponen serba sangat heterogen, maka batasan-batasan ekosistem memiliki ukuran yang flexible yang sering ditentukan secara buatan/kesepahaman [masyarakat umum]. Sehingga, Blogger dan Ekosistemnya bisa dikatakan merupakan ekosistem dengan batas-batasan hasil buatan saya akan keberadaan dan existensi blogger.


Blogger merupakan fenomena sosial yang semakin mewabah, maksud saya ketertarikan orang-orang untuk memmanfaatkan media blog semakin lama semakin banyak. Dan masing-masing pengguna blog atau blogger membawa passionnya dalam mengexplorasi blognya. Dalam proses berikutnya, populasi-populasi blogger yang memiliki kesamaan alasan/tujuan/minat akan membentuk komunitas blogger seperti foodblogger, parenting, fashion, beauty, traveler, techno dan masih banyak lagi komunitas blogger yang akan lebih berkembang lagi di masa-masa mendatang. Bergabungnya beragam komunitas blogger akan membentuk populasi yang saling berinteraksi dan memiliki hubungan timbal balik, dinamika inilah yang menjadi salah satu variable definitif terbentuknya ekosistem blogger. Komponen-kompenen yang membentuk ekosistem blogger dengan genre-nya masing-masing yang pada interaksinya saling melengkapi dan memberikan warna yang menguatkan ekosistem blogger serta saling memberikan pengaruh yang positif.

Serangkaian event yang berbasis dan atau melibatkan BLOGGER, menjadi salah satu bentuk kondusifnya Ekosistem blogger. Bagaimana tidak kondusif, kalau banyak event dan acara-acara yang mengundang komunitas blogger tidak tersegmentasi pada suatu jenis komunitas tertentu. Iya memang sih, ada event yang mempersayaratkan kategori blogger tertentu, misalnya kudu blog yang bertema parenting, techno, atau apalah, tapi secara umum kebanyakan acara-acara yang terkait dengan blogger kan lebih melihat blogger sebagai suatu ekosistem yang heterogen. Semisal event Blogger Nasional, upload kompakan dengan tema tertentu, juga Liga Blogger ini, memberikan kesempatan semua jenis blog untuk berpartisipasi.

Selain antar interaksi sesama blogger, hubungan timbal balik ekosistem blogger saat ini lebih meluas. Saat ini sudah banyak pihak yang memperhitungkan pelaku blogger sebagai profesi yang profesional untuk diajak kerjasama. Di undang untuk launching suatu jenis produk, publikasi suatu program dari suatu organisasi [pemerintah maupun non pemerintah, keterlibatan blogger dalam kegiatan-kegiatan sosial non profit, membuktikan bahwa Blogger dan ekosistemnya menunjukkan grafik perkembangan yang sangat dinamis.  Semakin semaraknya kegiatan, acara atau event yang terdapat keterlibatan blogger [blogger komunitas tertentu maupun blogger secara umum], membuktikan jika EKOSISTEM blogger semakin eksis karena hubungan timbal-balik yang terjadi semakin meluas menembus lintas bidang, sosial, usia dan gender.

Semoga hubungan timbal balik, baik antar komunitas blogger maupun dengan lingkungan di luar blogger memiliki dinamika yang mengarah pada hubungan mutualisme, yang artinya semakin banyak tawaran post paid gettu deh. At least, minimal hubungan timbal balik yang kita harapkan adalah secara komensalisme deh.
Dan……bagaimana Ekosistem Blogger menurut Anda? 

14 comments: Leave Your Comments

  1. Wah bener mbak saya suka dengan tulisan di gambar jenengan. Hubungan timbal balik simbiosis mutualisme menjadi harapannya

    ReplyDelete
  2. Menurut saya persis teori biologi, banyaknya individu memicu meningkatnya populasi. Populasi dengan kesukaan yang sama menimbulkan ekosistem. Salah satunya ya ekosistem LBI ini ;)

    ReplyDelete
  3. amin
    menurutku ya ada di tulisan pd blogku mngenai tema ini
    itu ada typo di ekositem
    dan ada kata yg krg nyambung mnurutku yakni bismillahirahmanirrahim sebelum kata lebih pd kalimat pembuka

    tema dan pekan LBI sdh usai
    mohon maaf atas segala kesalahan
    terima kasih jg untuk semua
    semoga silaturahmi ttp terjalin

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. blogger skrg ini memang semakin 'naik daun' ya mak...

    ReplyDelete
  5. Wah gambarnya dan teksnya seperrti menggetok kepala saya. Heiheiheiheie. Merasa paling pintar adalahs esuatu yang harus kita jauhi. Ini menarik sekali mba. Sangat inspiratif dan mencerahkan,. NASEHAT yang bijaksana buat kita semuanya. Semoga kita dijauhi sifat seperti demikian

    ReplyDelete
  6. Semoga ekosstem blogger indonesia tetap terjalin

    ReplyDelete
  7. Blogger juga harus mendidik dan menginspirasi :)

    ReplyDelete
  8. Terlibat dalam ekosistem menjadikan kita banyak sahabat, wawasan, dan jalan rezeki :)

    ReplyDelete
  9. Terlibat dalam ekosistem blogger menjadikan kita banyak sahabat, wawasan, dan jalan rezeki :)

    ReplyDelete
  10. Jadi inget sabda Rasul

    Dari Abu Hurairah ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda:

    " مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ "

    "Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturrahmi"

    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  11. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  12. blogger sekarang lagi ngehits ya mak posisinya :)

    ReplyDelete
  13. Menurutku baik2 saja hahahaaa.... Yang penting asal saling dukung dan kekeluargaan pasti aku suka :)

    ReplyDelete
  14. Semoga para blogger bisa memberi warna yang baik untuk bangsa ini.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.