WHAT'S NEW?
Loading...

Pantai [Perawan] Sadranan

Beberapa tahun belakangan ini, wisata di daerah Gunung Kidul mulai banyak jadi perbincangan, khususnya bagi para pecinta wisata alam. Nama Gua pindul, pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Kukup, sudah nangkring manis dalam list destinasi wisata yang menggoda iman. Bismillahirrahmaanirrahiim pantai Sadranan pun tak kalah mempesonanya. Pantai ini berada satu sederet dengan pantai krakal, kukup, drini, sundak, indrayanti.  Tepatnya adalah di sebelah Pantai Krakal, sehingga jalan yang kami lewati juga searah dengan jalan masuk ke Pantai Krakal. 

Dan saya yang sudah sejak lama saya mendengar kemolekan pantai Baron CS tapi belum juga kesampaian untuk menikmatinya secara langsung. Pucuk di cinta ulam tiba, ada acara gathering dengan teman-teman kantor yang memilih tujuan ke Pantai Sadranan dengan pertimbangan pantai ini belum banyak dikenal wisatawan sehingga masih asri, nyaman dan bisa puas menikmati keelokan pantai. 

My Fave angle:  Harmoni antara langit biru, awan, karang dan hamparan pasir pantai
Penasaran pengen bisa sampai ke karang 

Butuh waktu hampir 2,5 jam untuk sampai di Sadranan, maklum rute mulai piyungan – wonosari dihiasi spot-spot kemacetan. Jadi ya meskipun sudah start berangkat mruput dari Sleman, tiba di Sadranan sudah menjelang tengah hari. Pantai yang terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Gunung Kidul ini konon kata teman-teman tak kalah sexy dengan pantai Baron dan teman-temannya yang sudah lebih dulu go public. Sambutan pemandangan di pantai Sadranan membuat rasa penat duduk di bis seketika menguap. Garis pantainya yang indah dengan hiasan karang-karang, hamparan pasir putih yang bersih dan alunan suara ombak yang mendesah mesra silih berganti mencium bibir pantai, bukankah itu surga pantai yang banyak kita impikan saat hendak berwisata pantai? Apalagi suasana yang relatif sepi karena belum banyak pengunjung yang mengenalnya, maka saya menyebutnya PANTAI [PERAWAN] SADRANAN


Tak jauh dari bibir pantai, tersedia gubuk-gubuk [kayak pos siskamling di desa saya tempo dulu] model bangungan panggung yang disewakan bagi para pengunjung. Dengan harga sewa Rp. 20.000,- ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan untuk santai menikmati laut sambil ngobrol ngalor-ngidul. Apalagi di sisi barat terdapat karang-karang yang sebagian dindingnya menggantung, asyik jika main air di situ kayaknya. Jika mau maksimal beraktifitas di airnya, ada agen penyewaan peralatan snorkling lengkap. Secara, pemandangan di bawah air di Pantai Sadranan ini juga sangat ciamik loh #katanya. Kan saya dengan cerdas berhasil melarikan diri dari “pemaksaan” teman-teman untuk nyemplung ke laut. Caranya, saya sigap menangkap kesempatan untuk suka rela bawain kamera DSLR, si empunya kamera semangat mandi di laut soale. 

Ini namanya ketiban rejeki nomplok, bisa membebaskan diri nyemplung ke laut sekaligus bisa leluasa mengambil gambar pemandangan pantai. Lebih puas dan maksimal motret pakai kamera DSLR Nikon 7000D yang sudah sejak lama saya idam-idamkan. Kamera merk Nikon 7000D memang sepadan dengan harganya. Ketika kemarin saya search di Blanja.com, dan menemukan Kamera DSLR Nikon D7000 Kit 18-55 VR harganya Rp. 10.800.000,-. Waaahhhh harga yang ditawarkan sih memang kompetitif, tapiiii…sepertinya saya masih harus mencukupkan menggunakan hak pinjam kamera punya teman deh. Ambil enaknya, yang penting bisa asyik puas mengambil angle-angle Pantai [Perawan] Sadranan dengan kamera keren

Kamera [pinjaman]: Nikon 7000D yang bikin puas motret bertubi-tubi
Oia, perlu berjalan kaki sekitar 200 meter dari tepat parkir untuk sampai di bibir pantai, hanya perlu bayar tarif parkir saja. Belum ada regulasi yang mewajibkan pengunjung pantai untuk bayar HTM. Konon, dinamakan Sadranan karena pantai ini kerap digunakan untuk nyadran. Makanya dari awal dengar nama pantai ini kok namanya mirip dengan tradisi yang ada di desa saya: Nyadran yang dimaksudkan sebagai peringatan hari jadi desa. Mungkin praktek ritual nyadrannya mirip dengan acara petik laut di Muncar. Kan umumnya, di daerah pesisir [Indonesia] ada tradisi petik laut tho?

Salah satu spot yang recomended untuk pre-wedding
Empunya Kamera  "levitasi" paling sukses



Pondok untuk bersantai
Perlengkapan snorkling yang siap dipakai [sewa]


Fasum yang tersedia
Main gebyur-gebyuran di air dengan leluasa? Menyelam menikmati pesona bawah air yang menawan? bermain pasir yang putih bersih. Yaakkk, tak salah lagi......Pantai Sadranan salah satu pilihan yang tepat. Bagi yang tertarik lebih pol-polan wisatanya, tersedia Penginapan tak jauh dari kawasan pantai. Atau para pecinta petualangan alam terbuka, terdapat camping area yang strategis juga. Fasilitas umum juga sudah tersedia, warung-warung, tempat mandi, juga ada mushola. Ternyata, Pantai sadranan ini mulai dilirik pasangan calon-calon pengantin untuk mengambil pre-wedding di situ. Sedikit saran buat yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai [Perawan] Sadranan ini, Kalau mau memuaskan diri menikmati panorama pantai yang tenang, asri, nyaman dan tenang, usahakan datang sebelum jam 10. Karena begitu matahari semakin meninggi, pengunjung sudah mulai ramai dan mayoritas kaum muda-mudi.  

Sebelum beranjak pulang, tertanam sebait harapan semoga keindahan, kenyamanan, kebersihan dan ketenangan Pantai Sadranan ini bisa lestari. Sangat menyedihkan jika sekian tahun ke depan, ketika pantai ini sudah semakin populer dan HARUS bernasib tragis seperti pantai Parangtritis, Kuta dan pantai - pantai terkenal lainnya yang saat ini kondisinya memprihatinkan. 

Semoga, tata kelola wisata nantinya tetap memprioritaskan kelestarian alam dan para pengunjung pada aware untuk menjadi wisatawan yang cerdas dan cinta lingkungan sehingga status Pantai Sadranan ini bisa tetap menjadi salah satu pantai perawan yang selalu dikangeni.

50 comments: Leave Your Comments

  1. pantainya benar-benar (kelihatan) masih perawan yaaa....semoga saja tetap perawan meskipun sudah tenar seperti pantai kuta di bali...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pantai LOsasri itu juga sdh mulai ruame kayak di kuta juga kan bang?

      Delete
  2. waw mantap, indah dan nyaman susananya.

    ReplyDelete
  3. pantai perawan pasti pantai yang masih cantik dan masih seger belum banyak yang menyentuh, masih mulus tanpa sampah berserakan di pantai Sadranan ini kan?

    ReplyDelete
  4. indahnya, masih belum banyak yang menyentuh jadi masih jernih dan bersih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pantai sadranan relatif lbh sepi drpd baron. Viewnya sih layaknya gak kalah indahnya dg pantai Baron CS

      Delete
  5. namanya unik ya pas dengan keindahan pantainya

    ReplyDelete
  6. Subhanallaaaah. Baguuus pantainya Mbaaa. Semoga bisa nyampe ke sana... :D

    ReplyDelete
  7. Ingin jalan-jalan ke pantai sadranan, panta ang indah dan masih alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAk Indra wajib neh datang ke sadranan

      Delete
  8. Bener masih perawan? Atau dijamah tangan2 jail? hehehe, poto terakhir ekspresif binggo! :)

    ReplyDelete
  9. Semoga selalu perawan alias indah dan bersih pantainya ya

    ReplyDelete
  10. Air pantainya bersih dan bening banget :)

    ReplyDelete
  11. subhanallah....inah bangetttt pantainyaaaa mak.

    ReplyDelete
  12. Woww ... postinganmu ini kerenn deh - dan jelas alur ceritanya, kita serasa ikut bersamamu dlm piknik murah meriah ini ... trus, foto2nya menarik sangat - walau Kamera [pinjaman] ya ...hihihi :... semakin informatif postingan ini ... plus iklan ... sip sipp ... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, ketahuna deh akalu ada yg "penyusupan" dalam postingan

      Delete
  13. Sepertinya memang belum terlalu banyak yang menjamah pantai ini, terlihat bersih dan tidak ramai. Saya selalunya pergi ke pantai itu penuh sesak, berseliweran sampah plastik... ngenes liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pantainya sdh ramai, yg ada kita ngliatin orang mulu

      Delete
  14. sorry melenceng dari topik, kenapa tidak bisa login dan posting di log viva yach ?
    mungkin mba bisa jelaskan
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ta jawab langsung ya ke blognya.

      Delete
  15. cantiiik ya pantainya mbaa...snorkeling bagus juga di sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya snorkling juga bagus mbak *saya gak berani snorkling mbak

      Delete
  16. Wah Gunung Kidul itu kok nggak habis2nya ya. Jaman kuliah pernah ke Sadranan. Seperti ini sekarang ya. Bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh...berarti Mbak Lusi termasuk pioner neh yg ke sadranan. lha jaman kuliah sdh kesana

      Delete
  17. Pantainya sangat indah, nanti kalau ke Jogja direkomendasikan ke situ.

    ReplyDelete
  18. namanya unik dan indah seperti pantainya yang pebuh keindahan

    ReplyDelete
  19. Wah Jepretan Foto LEVITATE nya seru. Seperti ada efek Terbang dan Melayang gitu ya
    Hiehiehiehiehiehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kameranya memiliki speed yg cukup tinggi, jadinya sekali lompat jadi levitasi asi tersebut. Asli lompat tuh...*abaikan penampakan di belakangnya*

      Delete
  20. Mbaak aseli fotonya cakep-cakeep.. Untungnya sampean gak ikut nyemplung ke laut, jadi lumayan bisa nyoba kamera model macem-macem haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aji mumpung model ganda mbak, mumpung ada kamera bagus dan bisa buat alesan utk jauh-jauh dari nyemplung ke air

      Delete
  21. Pinjam kameranya dong. Aku orang jogja justru belum pernah kesana pantso sadranan. Jogja sekarang memang sudah macet.tradisi bersepeda sudah langka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp MAs, aku juga belum ke Prambanan kok #eh

      Delete
  22. wih bagus banget yaaa pantainya... kudu mampir2 kesini >.<

    ReplyDelete
  23. wuiiihhh, mantep nih Pantai, krenn krennn

    ReplyDelete
  24. wow amazing......nice pantai

    ReplyDelete
  25. Wow amazing banget nih pantai, belum banyak terjamah oleh tangan manusia, saya saja baru baca article ini, ternyata keindahan pantai lokal tidak kalah indah dengan pantai luar negeri.
    thanks infonya mbak, kapan-kapan saya akan trip ke sini

    ReplyDelete
  26. Wah lumayan buat destinasi selanjutnya, di tunggu article2 terupdate mbak

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.