WHAT'S NEW?
Loading...

Ada apa dengan Copywriter untuk Blog?

Siapa saja pelaku aktif maupun semi-semi aktif atau bahkan yang masih timbul tenggelam seperti saya dalam ngeBLOG, sebenarnya Bismillahirrahmaanirrahiim memiliki peluang dan potensi untuk menjadi Copywriter. Saya bisa bilang demikian setelah mengikuti sebuah workshop yang mengangkat tema mengenai Copywriter. Kalau sebelumnya, pemahaman saya tentang copywriter adalah sebuah profesi yang dilakoni orang-orang yang berjibaku di dunia media massa resmi. Tidak terpikir jika tulisan-tulisan di blog yang kebanyakan bergaya personal sesuai pemilik cita rasa pemilik blog memiliki celah untuk di eksplore ke arah copywriter. Karena yang disebut Profesi sebagai penulis itu kan bisa meliputi: Jurnalis, Novelis/cerpenis, Blogger dan Profesi terkait lainnya (dengan dunia literasi).

Pemahaman sederhana yang saya tangkap mengenai copywriter adalah membuat tulisan yang peruntukannya memasarkan/menjual suatu produk, sehingga konten tulisannya bersifat marketing. Sehingga copywriter adalah:
Penulis copy (naskah/materi  iklan)
Biro iklan ----> (biasanya)  berpasangan dengan art director 
Produk iklan bernilai tambah 
Memberi layanan lebih dan mengoptimalkan space (iklan)

Nah, apa pentingnya blogger untuk mengerti dan menguasai copywriter ini? Bagi yang sudah saklek menggunakan blognya no content postingan berbayar, mungkin akan bilang it’s big NO need. Tapi jika masih ikut lomba-lomba blog? Nah, perlu kan membuat postingan yang memiliki nilai – nilai tertentu terkait marketing produk (barang/jasa). Yang namanya lomba blog, tentu ada something yang hendak di publikasikan ( bahasa lain dari Iklan kan?). 

Jika di sanggah “ Gue kan gak mau ikut-ikut lomba apa pun?”. Okelah jika demikian, tapi sebagai penulis blog pribadi…..apa ya iya kita tidak ingin tulisan kita dinikmati oleh orang lain? Apa ya iya, we living alone karena merasa kan jejaring internet itu semu/maya/virtual. Ehemmm…I don’t think so. Saya yakin, saat kita menulis tentu tersertakan harapan semoga ada secercah kebaikan yang bisa dinikmati oleh orang lain kan? That’s why, copywriter ini perlu untuk dipahami dan dipraktekkan, baik sebagian maupun secara keseluruhan (ketika dapat job review pastinya).

Untuk penerapan teknik copywriter dalam tulisan blog (non berbayar), saya percaya mayoritas blogger sudah pada penerapan, yakni membuat tulisan yang memiliki gaya sendiri dengan tetap mengedepankan prinsip menulis yang menghargai orang lain. Lantas apa saja point of view tentang copywriter yang patut digunakan sebagai rambu-rambu dalam menulis. Ada beragam Produk Iklan Khusus yang belakangan ini semakin mencorong di ranah dunia perbloggeran. Iyap, media massa cetak off line maupun on line tak bisa mengelak dari fantastisnya daya tarik tulisan di blog sehingga saat ini semakin sering kita lihat blog-blog yang bermuatan:
Advertorial, Korporatorial, Seremonia, Citarasa, Rekam jejak Perjalanan, Pernikahan dan masih banyak lagi jenis lainnya yang memiliki muatan ‘Ragam Produk Iklan Khusus’

Adapun Proses Kerja dalam pembuatan sebuah copywriter meliputi:
  1. Cari Bahan bisa dilakukan dengan cara Peliputan, Pengamatan, Wawancara, Literatur/surfing di Internet
  2. Menulis dapat segera dilakukan manakala pegumpulan bahan dirasa sudah cukup. Pada taha penulisan sangat perlu untuk Fokus pada tujuan ===> angle yang dituangkan dalam tatanan bahasa/kalimat yang selaras dan pastinya proses menulis ini ada DEADLINE yang harus dipatuhi dan point-point Boleh vs Tidak Boleh yang perlu untuk terapkan
  3. Yang diperbolehkan adalah:  Keunggulan produk ===>> tidak menipu Penonjolan ===>> posisioning Kreativitas ===>> desain; Tidak Boleh: Overclaim, Perbandingan langsung, Testimonial 
  4. Follow-up hasil tulisan memang berasaskan Klien yang demanding tapi kita tetap wajib  Mempertahankan ide secara relevan ===>> jika di Approval ===>> Tayang deh tulisan “copywriter” kita.

Dalam membuat sebuah copywriter, untuk menjadi seorang copywriter yang lebih skilled and better than before, maka kita sangat diharuskan untuk mengenali Khalayak, terlebih ketika copywriter tersebut di tayang di blog yakni Blog for someone Not about something. Oleh sebab itu:
  • Rencanakan Content : Kenali kebutuhan khalayak, Pilah-pilah dan bikin profil, Evaluasi segmen yang menarik, Tentukan target, Tentukan formula yang tepat. Please remember this: It’s not what you do to the product; it's what you do to the mind 
  • Customer centric: BERPIKIR seperti mereka, RELEVAN dengan mereka, Gunakan KISAH, Sentuh EMOSI, Jangan ragu tampilkan DIRI 


Beberapa Tips & Trik dalam membuat copywriter adalah:
  1. SEO: fokus pada keyword search 
  2. Banyak melihat, banyak mendengar, banyak membaca BUM-BUTA: Buka Mata dan telinga lebar-lebar.
  3. Jangan sok tahu dan jangan gengsi untuk aktif bertanya, tanya dan tanya... 
  4. Jangan terpaku pada satu gaya 
  5. Baca lagi dan lagi... karena dengan re-read over and over again, maka kita akan melihat dan bisa memperbaiki bagian-bagian yang kurang pas. Dan ini hanya bisa kita lakukan jika kita meluangkan waktu untuk membaca dan baca lagi hasil tulisan kita sebelum fixed menyatakan DONE.

Nah Biar klise, tetap laku tapi  gratis (ketika copywriter sudah publish),
  • Saatnya bertindak: kunjungi, hubungi - Aktif donk ketika ada yang [sepertinya] tertarik/penasaran terkait isi tulisan/iklan kita
  • Gugah perasaan: sempurna, indah 
  • Penggunaan Alliteration yang tepat, misalnya : Meski telah diet ketat, berat badan ideal belum didapat 
  • Jika perlu menyelipkan Repetisi, maka gunakan seperlunya dan secukupnya. 

Demikian sedikit yang saya ketahui dan pahami, sekaligus sebagai postingan berbagi oleh-oleh dari workhop yang disampaikan oleh Mahansa EGS (Spv Copywriter Iklan Kompas, Jurnalistik Fikom Unpad 1991). Semoga bermanfaat. 

28 comments: Leave Your Comments

  1. penjelasannya ga sederhana, tapi komplit :)

    ReplyDelete
  2. ijin menyimak saja mbak, saya belum baca semua isi postingannya, maklum banyak pekerjaan, salam blogger dan salam sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih mencerna mbak,,,sedikit baru nangkap.,maklum masih pemula...semoga bisa belajar banyak, trims sudagh sharing ilmu... :)

      Delete
    2. @ajay: salam sukses juga
      @mbak santi: saya jg dlm.tahap mempelajarinya

      Delete
  3. ternyata jadi copywriter ngga semudah kalau praktek langsung kali ya, tapi tentu dasar-dasarnyaharus dipahami dengan seksama nih.

    awalnya tak kirain copywriter teh nulis sambil ngopi, ternyata bukan ya bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ngopi pak...kopi hitam saja, karena sy gak suka white coffee

      Delete
  4. Wahh.. ilmu baru lagi, baru tahu hehe makasih yah tips nya

    ReplyDelete
  5. Aku suka konsep costumer centric nya mbak.. hrs belajar memahami cara pikir konsumen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mgk bisa di praktekkan dgn role model diri kita sendiri, ANDAI kita di posisi pembaca blog...apa sih yg kita harapkan/cari?

      Delete
  6. penjelasannya rinci mbk..
    jadi bagi blogger personal kyk saya g usah kecil hati dlu yaa...
    klo bs ngembangin teknik nulis mungkin aj ad twaran copywriter

    ReplyDelete
    Replies
    1. doing by learning, INsyaAllah bisa jadi copywriter yg handal (pdhl saya juga blm paham ttg copy writer)

      Delete
  7. Kak ririe khayan sudah mulai mengerti apa itu copy writer. Disitulah kunci sukses internet marketing. Katanya sih begitu

    ReplyDelete
  8. Wah, masih nyimpen filenya Bang Mahansa nih. Punya saya saja mbuh ning ndi oleh nyimpen. He....7x

    ReplyDelete
  9. beeehhh, amazing nih.
    Andresya mumet memahaminya :o

    ReplyDelete
  10. nah...
    aku termasuk yang asal asalan nih, bu
    apalagi kondisi sekarang nulis aja males apa lagi mikirin konten, hehe

    ReplyDelete
  11. wah agak susah nih buat saya untuk membuat copywrite, mending buat copywhite aja suweger bu. heheee lam kenal ya..

    ReplyDelete
  12. kenapa fotoku maen paralayang ada disana yak

    ReplyDelete
  13. Copywriter bukannya alat pencegah copypaste, ya? *eh

    ReplyDelete
  14. wah,ilmu baru nih mbak,suwun yaaa....jadi lebih tahu banyak ttg copywriter :D

    ReplyDelete
  15. ikut belajar melalui postingan ini mbak

    ReplyDelete
  16. gila
    saya selalu terpana saat membaca tulisan Mbak Ririe.
    Kesan orisinilnya nyata banget
    lagian, isinya, ilmu banget
    salam dua jempol untuk Mbak Ririe

    ReplyDelete
  17. saya kerap ngomong kalo ngeblog nggak dibaca orang lain nggak papa, nggak masalah, bahkan persetan. pada kenyataannya, saya kerap terganggu dengan bahasa yang saya gunakan, dan mencoba untuk meramu supaya orang lain mengerti. nah disitulah terjawab bahwa ternyata saya juga punya keinginan agar blog saya dibaca orang lain. nah, dalem banget makna tulisan di atas, Mbak. saya mencoba mengambil sudut ini dulu.

    ReplyDelete
  18. saya coba klik di atas mau komenin komen temen2 koq nggak bisa ya Mbak?

    ReplyDelete
  19. kebanyakan blogger tidak mau mempelajari bagaiama menulis yang baik....artinya tidak mau memperhatikan kisi-kisi pembuatan artikel...mereka maunya backlink...saya juga heran mbak...padahal kita menulis bukan untuk backlink...tapi kita menulis untuk pengunjung yang bisa mendatangkan tradik dan backlink....jaman sekarang mungkin harus terbailk kayaknya ya gan? heheheee. ok menarik dan inspiratif...makasih atas penjelasan copywriternya...salam sahabat blogging

    ReplyDelete
  20. terima kasih buat informasi, tips dan trik nya.
    tapi terkadang bukan tidak mau menjawab comment-comment yang masuk, tapi jujur gak relevan bgt sama tulisan yang kita buat.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.