WHAT'S NEW?
Loading...

Apakah Blog Penting Untuk Pendidikan

Jika kata tak mampu meretas jarak, maka biarlah hujan yang menguraikan ragam jeda yang sempat mengada. Mulai deh sok puitis sebagai efek setiap hari bisa menikmati keajaiban turunya hujan. Tapi Bismillahirrahmaanirrahiim tulisan kali bukan tentang hujan, melainkan sekedar hanya mencoba merangkaikan opini dan pemahaman saya yang masih sederhana [bahkan mungkin sangat mentah] mengenai Apakah Blog Penting Untuk Pendidikan. Pendidikan sebagai salah satu proses pembentukan generasi penerus yang akan melanjutkan Peradaban umat manusia, dalam dinamikanya  yang terus berkembang tentu tak bisa dilepaskan dari Internet sebagai salah satu produk perkembangan Teknologi.  Era modernitas dengan berbagai aktifitas yang berjalan seiring dengan kemajuan IpTek dan kini membawa kita pada dimdnsi digital. 
Tak bisa dihindari jika Internet telah banyak mengubah life style dan bergerak bebas tak kenal ruang, waktu, status social, usia, dan gender. Media social memungkinkan kita berinteraksi dengan siapa saja, darimana saja dan kapan saja, NAMUN semoga kita tetap bisa berbatas norma dan etika. Dan tentu saja dampaknya sangat heterogen, kita perlu mewaspadainya dan berus`ha bisa mengikuti perkembangannya agar kita tidak terjebak dalam efek negative yang ditimbulkannya. Karena menutup diri dari perkembangan teknologi [apalagi internet]  justru akan menjauhkan kita dari dinamika peradaban. Mulai anak-anak hingga orang dewasa/tua sudah demikian akrab dengan internet untuk keperluan pekerjaan [browsin dan download] maupun social network unutk berinteraksi dengan relasi, teman dan kerabat. Dan berkembanglah dalam dunia cyber berbagai jejaring sosial seperti: Blog, Facebook, twitter, blogger, Friendster, Messenger, dll, dsb, dst.
Belajar Nge-BLOG Membaca
Semua pasti paham jika segala sesuatu tentu memiliki dua sisi yang berbeda, tinggal bagaimana kita memilih sisi mana yang hendak kita explore. Demikian pula dengan Blog sebagai salah satu produk IT yang semakin banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat. Apalagi anak-anak jaman sekarang, dimana sudah masanya serta kewajaran jika mereka melek internet sejak usia SD. Aktifitas nge-BLOG pun tentu mempunyai Sisi positif dan negatif yang berada pada posisi berdampingan dan sangat bisa untuk saling meniadakan. Jadi ketika kita concern pada sisi positif, maka secara langsung akan menjauhkan diri kita dari dampak [negatif] buruknya. Maka hal pertama HARUS ditanamkan pada anak-anak sekolah saat mulai berkenalan dengan Blog adalah merupakan media sharing pengetahuan yang potensial untuk memperkaya wawasan, pengalama, dan sumber informasi yang akan meningkatkan kemampuan pola pikir [kecerdasan spritual, intelektual dan emosional].

Dengan menanamkan landasan dan paradigma yang kuat tentang aktifitas [berinternet] nge-BLOG tersebut, maka beberapa peran [penting] blog Untuk Pendidikan antara lain:
  1. Melatih untuk berkonsentrasi atau fokus karena ketika melakukan kegiatan menulis di blog tentunya siswa diberikan tema tertentu/spesifik secara terjadwal dimana mereka harusmenyelesaikan beberapa tugas, mencari bahan referensi dan menyelesaikan dalam bentuk hasil tulisan online [postingan].
  2. Mengembangkan  keterampilan anak dalam mengkoordinasikan tangan, mata dan otak [pikiran]. Kegiatan menulis di blog adalah kombinasi dari gerak tangan pada key board dan mata untuk melihat monitor untuk menuangkan isi yang ada di dalam pikiran [otak].
  3. Mengasah kemampuan menulis dan mengexplorasi pendapat/diplomasi secara lebih komprehensif, karena saat mereka menguaraikan sebuah tematik tertentu kan harus memenuhi alur penyampaian yang kronologis dan dalam tatanan bahasa yang memenuhi pola yang ditetapkan kriterianya.
  4. [Pastinya] Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, apalagi untuk negara yang bahasa sehari-harinya bukan Bahasa Inggris. Karena ketika hendak menuliskan tugas  essay/artikeldi blog, tentu membutuhkan bahan referensi dan seperti kita ketahui bahwa kebanyakan jurnal ilmiah di publish dalam bahas` Inggris. Jadi secara significant skill berbahasa Inggris akan menjadi lebih baik meskipun tidak mengambil kursus secara intensif.
  5. Alat bantu “KOMPAS” yang efektif bagi anak untuk menemukan bakat dan minatnya pada bidang tertentu yang disukainya.
Jika ditelaah secara lebih khusyu, sebenarnya Blog punya peran [baik] yang sangat penting secara universal pada semua lapisan masyarakat dunia. Dan bilamana Blog dioptimalkan dalam batas koridor yang tidak melewati kanan-kiri dari “marka jalan” kehidupan dan porsi nge-BLOG yang seimbang harusnya bisa menjadikan aktifitas Blogging sebagai media yang lebih baik dari situs jejaring sosial karena lebih berpeluang untuk jadi pola mendidik dan lebih mengarahkan pada penggunaan internet yang sehat.
Guru        : Jadi seberapa pentingkah peran blog untuk pendidikan?
Murid      : Sangat pentiiiing Pak Guru...!
Guru        : Seberapa banyak blog memberikan dampak positif untuk pendidikan?
Murid      : Banyaaaakkk banget Pak Guru...!
Guru        : Kalian sudah punya Blog semua kan?
Murid      : Pak Guru sudah bisa bikin blog apa belum Lho?
Guru        : Kamu ngledekin saya ya?
Murid      : Ya maaaf, Itu kalimat pertanyaan kan? Pak Guru hanya perlu menjawab bisa apa belum bikin blog.  Hehehhehe..... #Peace

Agar dialog senewen saya intermezo tidak semakin nglantur dan ngaco kemana-mana, maka peran [penting] blog Untuk Pendidikan [secara tidak langsung] juga bisa sebagai alternatif preventif action untuk permasalahan remaja yang berkembang sekarang karena dengan Nge-BLOG bisa menjadi salah satu media untuk Mencegah tawuran, menjauhkan anak dari godaan Narkoba dan pergaulan bebas juga pastinya dunk....Tapi kalau sampai sekarang yang jadi fokus penangkapan masih pada user Narkoba ya saya juga gak paham. Kan kalau User Narkoba harusnya diarahkan untuk rehabilitasi [bukan dikurung dalam penjara], terus Pengedar dan Bandar Narkoba yang harusnya jadi sasaran utama penangkapan dan diberikan sanki hukum yang seberat-beratnya tho? Hayyyaahh, kok nglantur lagi jadinyaa...

Oke deh, mohon maaf jika ada kesamaan cerita dan kisahnya serta ke-nglantur-an dalam tulisan ini. Dan semoga tidak over dosis jika saya menganggap nge-BLOG seperti Hujan yang memiliki sifat sebagai berkah. Dan kala belakangan ini hujan mengakibatkan banjir di beberapa kota/daerah, saya yakin kita semua mengerti jika fitrah Hujan BUKAN pembawa musibah. 

Hujan hadir melebat
Menghamburi kelopak kehidupan berirama
Lembabnya menyelimutkan kesejukan
Maja tiap hujan adalah derai cintaNYA pada seisi semesta



Face On Face Nourishing Make up

Salah hal yang identik dengan tentang wanita adalah produk kosmetik. Meski dalam perkembangannya saat ini, kaum pria pun mulai aware dan concern untuk menggunakan produk-produk kosmetik sebagai perawatan diri sehari-harinya. Tapi Bismillahirrahmaanirrahiim, konsumen dan ragam produk kosmetik masih didominasi segmentasinya pada kaum perempuan. Hal ini sangat bisa dimaklumi karena secara fitrahnya wanita memang dilengkapi dengan nature sense untuk tampil cantik secara batiniah dan lahiriah juga pastinya. 
Beragam produk kosmetik pun bermunculan dengan formula unggulannya masing-masing yang diandalkan akan menjadi interesting point dalam penjualannya. Salah satu brand kosmetik untuk perawatan wajah yang turut menawarkan variansinya adalah Face On Face yang diproduksi oleh Rohto. Honestly, nama Rohto memang sudah tidak asing karena beberapa produk telah beredar di pasaran dan cukup dikenal masyarakat luas seperti Obat tetes mata, produk perawatan bibir dan beberapa jenis produk  lainnya. Dan beberapa waktu lalu, saya mencoba ikut seleksi event Beauty Review untuk Face On Face Nourishing Make up untuk blogger dan ternyata saya termasuk yang terpilih untuk mendapatkan produknya. Maka secara surprissed datang kiriman berupa bedak Two way cake jenis Vanilla Beige dan Blush On jenis Blooming Rose.
@ Cottage Pantai Bama
Saat saya terima paket tersebut, kebetulan dua hari berikutnya [26-27 Januari] saya ada rencana mbolang dengan salah satu destinasinya Taman Nasional Baluran dan Pantai Bama, maka secara sengaja saya bawa deh Two way cake dan Blush On dari Face On Face. Wong pas saya baca-baca ingredientnya kok sepertinya cocok dengan kegiatan petualangan di alam terbuka yang akan saya lakukan. Face On Face Nourishing Make up ini merupakan variasi perawatan wajah yang masih baru bagi saya. Pas saya baca-baca leafletnya, ingredient yang dicantumkan sih sepertinya apropriated, apalagi untuk aktifitas out door. Maka perlu dicobain sehingga bisa tahu hasilnya seperti apa kan? Then, langsung deh dijadikan perlengkapan berpetualangan. Edisi mbolang kali ini diberi tema tour [still] de lajang 7 bidadari.
De Lajang with the Guide: Cheers di Pantai Bama
Ketika saya bongkar muatan back packer setiba di home stay Pantai Bama ternyata rata-rata teman mbolang saya juga baru tahu tentang produk Face On Face Nourishing Make up.  The right moment on the right place tho? Ya sudah deh sekalian bergaya ala brand Ambasador untuk menceritakan sekilas pandang tentang produk Face On Face yang saya bawa: Two way cake yang merupakan Perpaduan bedak dan foundation dan Blush On sebagai Perona Pipi untuk penampilan merona alami. In Generally, produk Face On Face ini diformulasikan secara safety dengan keutamaan sebagai berikut:
  • Mengandung Improved Hyaluronic Acid yang menjaga kelembaban dan kehalusan kulit wajah 2X    lebih baik dibandingkan Hyaluronic Acid biasa. 
  •  Vitamin E untuk antioksidan dan menutrisi kulit cantik selagi memakai make up 
  • Double Sunscreen Agent untuk perlindungan kulit dari sinar UVA & UVB. 
  • Mineral Oil Free sehingga lebih lembut untuk kulit 
  • Oil Control & shine free agent untuk penampilan bebas kilap lebih lama
Berjemur di Savana Bekol [TN Baluran]
Dengan kandungan bahan-bahan yang seperti tersebut di atas, maka tidak salah dunk jika saya kemarin PeDe menjadikan Face On Face Nourishing Make up sebagai partner kosmetik untuk berpetualang di alam bebas? Acara mbolang pun jadi lebih heboh, berpanas-panas ria di padang savana Bekol maupun bermain di pantai Bama jadi lebih confidence dibawah teriknya mentari yang sedang cerah ceria. Keliatan tuh dari dokumentasi [sebagian] poto-poto narsis binti ejress yang semakin cethar membahana #Ups, latah deh ikutan SYR. Life is beautiful as what You Think.....  Have A great Day and Blogging, always and forever !

Fashion Blogger

Sedikiiiit yang masih saya ingat kalau ada dua kata, jika dilihat dari susunannya maka bisa ada dua kategori yaitu: Diterangkan–Menerangkan [DM] atau Menerangkan-Diterangkan [MD]. Maka Bismillahirrahmaanirrahiim mohon dimaafkan plus dimaklumi jika penelaahan saya terhadap istilah Fashion Blogger ini kan sebenarnya mengikuti struktur ejaan Bahasa Inggris, yang artinya mengikuti susunan MD ~ Menerangkan – Diterangkan. Nah, berhubung konteks [sepertinya] istilah Fashion Blogger ini diadopsi ke dalam ranah Bahasa Indonesia sehingga polanya mengikuti aturan: Diterangkan-Menerangkan [DM].# Nah kan ini mulai jadi nglantur kemana-mana

Boleh dunk #jawab:boleeehhhh jika saya terjemahkan dalam tiga definisi berikut ini:
Yang pertama: merujuk pada kata blogger yaitu orang yang punya blog dengan stylish yang fashion dalam penampilan dirinya #pastinya bukan kayak Saia!
Yang Kedua: Sama dengan penafsiran pertama yang merujuk pada subyek ‘blogger’ yang mendesain blog-nya sedemikian rupa sehingga tampilan [desain] blognya memiliki style yang kereeeeen, widget unik menarik tertata dengan cantiknya, periodically melakukan re-design baik template maupun lay out blog dan pastinya tetap concern agar loading blognya teuteup ringan bagai kapas kering dengan kadar air 0,0001% getuu deh.
Yang Ketiga: Saya mengacu dalam definisi peng-kamus-an ala Ririe yang gak pintar Bahasa Inggris ini [semoga gak kejauhan neh bikin penafsiran bebas dari makna yang seharusnya] yaitu Fashion Blogger saya artikan sebagai: pemilik/admin blog yang [orangnya] secara spesifik membuat content blognya tentang seluk beluk [dunia] fashion.
Empat Fashion Blogger kumus-kumus
Dari ketiga rekayasa yang sengaja saya buat definisi tentang Fashion blogger jadi pengen saya refleksikan pada diri saya sendiri [edisi mengaca untuk melihat diri sendiri saja]. Untuk definisi pertama, dari gaya acak akdut jaman sekolah-kuliah memang perlahan Alhamdulillah bisalah saya perbaharui dengan mendengarkan kritik - saran dari teman-teman serta bertanya-tanya saat membeli-beli untuk pilihan warna, model dan aksesorisnya. Tapiiiii....secara general saya masih BUKAN orang yang selalu mengikuti trend fashion secara up to date. Saya masih lebih nyaman menggunakan padu padan berbusana yang casual/simple atau model yang bersifat long term, jadi gak perlu deh tiap lebaran beli baju baru #LHOH?!

Kalau view of point Fashion Blogger saya cenderungkan pada design blog, semua juga pada bisa tahu kalau desain blog saya ini hasil bala bantuan dari teman-teman blogger. Sedikit-sedikit bisa sih nempel widget, edit HTML, tapi kalau yang njlimet dan perlu ketelitian tingkat dewa, misalnya neh bikin penampakan header blog....sepertinya saya harus cuti kerja seminggu dan harus fokus belajar bikin desain header! Dan dijamin harus ikut remedy kayaknya kalau ada ujian kompetensi lho?? #DDR dipelihara sih!

Then, definisi yang ketiga ini sepertinya yang bisa menjadikan sebuah blog spesifik pada satu field tertentu, misalnya Fashion . Ketertarikan, kesukaan, dan rasa ingin tahu yang deeply terhadap detail fashion dan perkembangannya yang dituangkan dalam postingan blog tentu akan menjadi poin index khusus bagi mbah gugel. Seperti kita tahu, perkembangan trend fashion mungkin kalau ada rumus yang bisa digunakan untuk membuat skala perbandingan, maka percepatan perkembangan IT dan fashion [life style] akan beda tipis sekali. Dalam perkembangannya, tampil fashionable tidak lagi merupakan dominasi orang dewasa, bahkan mulai bayi juga sudah ada trend fashionnya.  Fashionable juga TIDAK lagi identik dengan sosok manusia yang bergender perempuan, tapi kaum laki-laki pun secara significant sudah merambah detail penampilan yang looking fashionable. Dengan perkembangan media komunikasi dan IT, bergaya fashionable pun bergerak bebas sampai menuju daerah terpencil dan ke seluruh penjuru dunia tentunya.

So, Saia pengen jadi Fashion Blogger merupakan salah satu trend dalam nge-blog yang punya prospek cerah ceria. Selain ‘mengabadikan’ diri kita dalam rekaman sejarah lewat karya tulis [dengan aneka model dan genre-nya], maka dengan memilih fokus dalam segmen Fashion Blogger memberikan peluang side benefit yang bisa mendukung aliran income tho?. Seperti kata pepatah yang sering kita dengar “ Do your best and the victory only time matter, it will come to you”, masih seperti biasa kan endingnya GAK NYAMBUNG ?!




[New] Trending: Blogger KPK

Ketika saya membuat postingan tentang Komunitas Blogger di tahun 2013, secara sengaja saya memang berencana mencantumkan tentang Blogger KPK, tapi menjelang publish kok muncul ilham ide rasanya akan lebih asyik jika saya buat postingan tersendiri #bukan cari-cari alasan lho?. Bismillahirrahmaanirrahiim, saya percaya semua yang punya blog pasti sepakat mufakat dan setuju tanpa komplain  bahwa nge-blog memiliki daya tarik yang super magic, semakin hari kian digemari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat dunia.  Mengalir sesuai iramanya bagai bola salju yang semakin lama semakin besar lingkarannya dan secara alamiah bermunculan  aneka Komunitas di Blogsphere.

Apapun nama, alasan dan tujuannya, terbentuknya komunitas blogger memiliki satu kesamaan [menurut saia] yaitu sarana yang semakin efektif untuk mengakrabkan pertemanan yang berbasis virtual khususnya sesama blogger. Secara konkret, hal ini ak yang tentunya akan berdampak kondusif pada jejak humanity dan circumtances. Saya lebih suka untuk meyakini bahwa tak ada istilah mantan teman dalam persahabatan, maka saya pun yakin bahwa persahabatan itu bersifat universal yang bisa berawal dan datang dari buanyaaakk cara.
Salah satu komunitas blogger yang baru terbentuk secara spontanitas adalah Blogger KPK. Saya sebut spontanitas dan sukarela bin ikhlas 1000% karena komunitas ini muncul ke peprmukaan ya hasil dari aksi-reaksi saling berbalas komentar yang seru abis. Kalau pas mampir di blog-blog yang pemiliknya merupakan salah satu anggota KPK, maka dijamin akan tersenyum-senyum plus ketawa-ketiwi sendiri. Dan jangan heran jika kolom komentarnya pun berjumlah ratusan. Berkomentar disana berasa ngobrol kayak dengan teman sepermaianan, teman sekolah/kuliah, bisa saling ledek dan mau nulis ke semua penjuru mata angin bahkan mat angin pun diijabah sah. Keseruannya hampir miirp ketika saya di grup FB teman SMP. Satu apdet status bisa jadi bahan saling komentar bahkan mencapai dua ribu lebih sehingga loadingpun jadi kemayu. Kalau sudah terjadi lemot ria getu, baru deh salah satu akan bikin status baru untuk jadi topik nggedabrus berikutnya.

Waduhh, kok saya malah nglantur nyritain acara ngrumpi di FB grup SMP ya? Langsung kembali pada judul postingan Blogger KPK lagi deh. Saya sendiri kurang tahu kapan pastinya hari lahir komunitas blogger nyleneh dan nyentrik tersebut. Yang saya tahu salah satu awal-awal proses penggodokan dalam panci seriuosly, dari hasil penyelidikan detective conan eh...dari blogwalking ding...mencuatnya Blogger KPK yang disahkan dengan kepanjangan [menurut para foundernya] adalah Komisi Penghancur Komen. Unik dan menarik, apalagi jika membaca ‘kinerja’ mereka yang identik menggunakan istilah-istilah planet luar angkasa seperti  bubur, panci, jus lele, klepon, jurus kodok, mati menahan nafsu dan masih ada beberapa lagi istilah srampang srandal yang digunakan. Pada penasaran siapa saja anggota istimewanya kan....? Here they are: The leader Asep Haryono dan Zachronisampurno, dengan anggotanya antara lain A. Y. Indrayana, Rudy Arra, Ay Sagira, Reo Adam, Budy Shinichi, Budi Os 19, Rawins dan sepertinya masih ada beberapa lagi blogger yang aktif lainnya di komunikas unik tersebut.

Dan jangan salah, bahkan logo Blogger KPK ini pun sudah di desain dengan sangat serius lhoh? Silahkan mengintip di rumahnya Mas Rudy Arra jika ingin melihat bagaimana beliau dengan sangat kreatif telah menyiapkan beberapa alternatif logonya, tidak tanggung-tanggung 4 logo sudah beliau desain dengan penuh semangat ’45 lho? Salah satunya saya ‘pinjam’ buat mewarnai postingan ini. Bagaimana saya sendiri? Saya sendiri pengennya juga aktif nimbrung bersama mereka, tapi saia saja muncul blog walking masih nyendhat-nyedhat gini. Bagi yang pengen kenal lebih dekat dan lebih akrab, langsung saja ambil jurus langkah seribu ke salah satu nama yang saya sebutkan di atas dan selamat menikmati how funtastic they are dan indahnya silaturahim di blogspere pastinya......



[Rahasia] Menjadi Manusia Kaya Arti

Perhelatan misteri di balik layar yang merupakan juudl dalam salah satu pertunjukan prime show kesenian wayang Orang di BlogCamp, namun tiba-tiba dikejutkan dengan peristiwa terjadi pembunuhan disana. Bismillahirrahmaanirrahiim Giveaway yang baru saja usai digelar oleh Pakdhe Cholic dengan genre detective ini pada akhirnya saya absen untuk mengikutinya #padahal sudah niat untuk cari pangsit hampir sebulan agar bisa ikut meramaikan pencarian sang aktor pembunuh sebenarnya. Jadi ketahuan deh kalau saya gak berani ikut Inspektur Suzana mengurai benang kusut misteri pembunuhan Mudhoiso [57 tahun] yang pada malam kejadian memerankan peran sebagai Cakil, dengan tersangka utama adalah Rikmo sadhepo, yang pada cerita wayang tersebut memerankan Arjuno.

Daripada saya berpanjang ria menuliskan beragam alasan dan alibi kenapa absen dalam Giveaway Pakdhe, mendingan saya pamerin berbagi info tentang big project Pakdhe yang saat ini in procces release sebuah buku yang diberi judul “Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti”. Semoga Pakdhe tidak keberatan saya membuka sceret rencana rilis buku ini yaaaa? #sekaligus permintaan ijin neh.  Dari judulnya sudah sedemikian menarik untuk menikmatinya dan menyerap aneka inspirasi yang tersaji di dalamnya kan? Dan memang di dalam buku perdana Pakdhe Cholic ini sarat dengan nilai-nilai motivasi, inspirasi dan religi yang disampaikan secara humble ala Pakdhe yang sudah kita kenal selama ini.

Dan sebuah kebahagiaan serta kebanggaan tersendiri ketika Pakdhe memberi saya [yang anak bawang dalam menelaah dan membuat review buku] kesempatan untuk turut menuliskan endorsement. Sejujurnya saya merasa sungkan, tapi juga terlalu berat hati jika melewatkan kesempatan istimewa yang ditawarkan pakdhe. Jadi si Ririe ini pun memberanikan diri dan dengan gaya  sok PeDe getu deh untuk kali kedua membuat Endorsement yang ala kadarnya lagi [endorsement pertama Selingan [hanya] semusim]. Nah sementara menunggu edisi perdana buku tersebut rilis, dengan sengaja saya ingin membuat makin penasaran terhadap buku tersebut dengan mempublish endorsement seperti biasanya ala Ririe khayan yang sederhana, then here is the Endorsement:


Endorsement: Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti
Menjadi Manusia Kaya Arti sebenarnya adalah pilihan, setiap dari kita sangat bisa untuk bermetamorfosa menjadi sosok insan yang lebih baik dan penuh arti. Akan tetapi seringkali kita dengan mudah bersembunyi dibalik perisai “takdir” atau “jalannya sudah seperti ini kok” padahal belum melakukan apa-apa atau usahanya belum maksimal untuk memperbaiki keadaan. Maka inilah buku yang memaparkan betapa setiap saat, setiap peristiwa dan setiap diri sebenarnya mempunyai nilai dan arti yang mentakjubkan.

Pakdhe Cholik merangkum dan menyajikan peristiwa yang ditemui dan dialaminya, disajikan dalam sebuah buku yang bertabur nilai-nilai makna kehidupan “ Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti”. Dalam rangkaian kalimat dan kisahnya yang dirangkai dengan tatanan bahasa yang humble dan membumi, tanpa sadar akan ‘membawa’ kita serasa menjadi bagian kisahnya, terlibat dalam penyelaman hikmahnya. Tak hanya jejak di dunia nyata yang disarikan, namun juga aneka cerita yang ditemuinya sejak menjejakkan diri di blogspere.

Buku yang seluruh ragam ceritanya dikelompokkan dalam 5 chapter: Integritas Yang Pas, Anak Emak, Jalan Pintas Yang Tak Pantas, Sorotan dan Akal Budi ini menawarkan siraman ruhani yang akan membekali nurani kita dalam me-redesign banyak hal yang sangat mungkin masih memiliki sisi-sisi yang kental dengan pola egois dan skeptis. 

Buku ini layak dibaca oleh semua orang dari berbagai usia, gender, dan lapisan masyarakat. Dan bersiaplah menjadi bagian dari Manusia yang kaya arti di atas panggung sandiwara kehidupan yang fana ini. Jika hari ini kamu hanya mampu maju selangkah , majulah, tetapi jangan sampai mundur


Semoga semakin Pada penasaran dan gak sabaran menunggu launching Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti  karya Pakdhe Cholic yaaaa......MERDEKA!



Kode Etik Jurnalistik

Sebagai orang yang tidak berkecimpung di dunia jurnalistik, maka saya mengakui jika secara detail tidak bisa memberikan penjabaran yang komprehensif apa dan bagaimana seluk beluk  Kode Etik Jurnalistik. Tapi saat saya kuliah memang pernah mengikuti workshop tentang jurnalistik yang diadakan salah satu sie kegiatan di Manarul Ilmi yang bekerjasama dengan Jawa Pos, kala itu Pak Dahlan Iskan sendiri yang jadi pematerinya, ya pastinya saat itu beliau masih aktif di Jawa Pos. Bismillahirrahmaanirrahiim, masih bisa saya ingat dengan baik koridor standar yang harus ditaati dalam membuat karya tulis.

Sebagaimana saya, para blogger dan semua pelaku literasi serta siapa saja yang aktif menyukai karya tulis menulis tentu sedikit-sedikit sudah tahu bagaimana membuat judul yang eye catching, cara menarasikan sebuah ide/tema dengan diksi, penokohan, alur dan setting yang memikat sehingga menjadi tulisan yang enak dibaca. Juga pastinya mengerti dengan aturan dasar yang harus dipegang dalam menghasilkan tulisan, yaitu standar minimal yang secara automatically sudah harus dipahami, dimengerti dan diaplikasikan manakala membuat tulisan, seperti misalnya saat menggunakan/mengutip tulisan karya orang lain ya mencantumkan sumber referensinya, di dalam karya tulisnya tidak mengandung unsur SARA, dst yang lebih dikenal dengan istilah kode etik jurnalistik.
Ada dua pilar utama dalam Kode Etik Jurnalistik, yaitu penggabungan makna Etika dalam [kegiatan] Jurnalistik. Dimana Etika bisa diterjemahkan sebagai nilai, norma moral atau yang lebih dekat dengan keseharian kita sering kita lafalkan sebagai sopan-santun/tata krama yang seyogyanya dipegang dan diterapkan sebagai kebiasaan oleh seseorang atau kelompok dalam bertingkah laku serta bertutur kata [lisan maupun tulisan]. Sedangkan untuk penerjemahan Jurnalistik, meminjam salah satu definisi Jurnalistik yaitu yang dirumuskan oleh Roland E. Wesley dimana beliau menjabarkan Jurnalistik adalah serangkaian kegiatan pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, penyebaran informasi umum, Pendapat pemerintah, dan atau hiburan umum yang secara sistematis dan dapat dipercaya diterbitkan pada surat kabar majalah dan disiarkan di stasiun siaran.

Mengacu pada definisi tersebut, maka menurut saya kegiatan tulis – menulis dalam blog yang berpijak pada media on line pun bisa dikategorikan dalam jurnalisme #ini menurut saya lho ya? Karena tak bisa dipungkiri jika internet sebagai pendatang baru pada perkembangannya telah mengakomodir user ‘pewarta’ dengan kapasitas universal. Jadi semua user yang berliterasi aktif di internet pun [blogger juga pastinya] harus ber-kode etik jurnalistik. Sehingga yang berkewajiban mematuhi Kode Etik Jurnalistik tidak hanya mereka yang secara formal terdaftar berprofesi sebagai wartawan baik untuk media massa cetak [koran, majalah, tabloid, buletin, jurnal], penyiaran [televisi dan radio] atau on line [internet].

Untuk uraian detail plus lengkap tentang kode etik jurnalistik ini, silahkan bersilaturahim ke http://pwi.or.id/index.php/pd-prt ada 17 pasal yang dilengkapi dengan penafsiran untuk masing-masing pasalnya lho?. Semoga dengan semakin tahu tentang kode etik jurnalistik ini, saya sendiri khususnya dan kita semua bisa menerapkan etika jurnalistik dalam acara ber-blogging ria dan dalam berkarya tulis lainnya.





References:
  1. http://pwi.or.id
  2. http://id.wikisource.org/