Header Ads

Life is flowing in its story leaving history
  • What's News

    My Virtual Corner dalam Review Blog

    Hanya dengan membaca kata “Virtual Corner”, saya yakin yang akan terbersit pertama kali adalah sesosok Blogger yang berasa dari tanah rencong yang saat ini menyandang mahkota sebagai Srikandi Blogger 2013. Hal ini menunjukkan betapa beliau sudah sangat popular di ranah blogsphere, dan Bismillahirrahmaanirrahiim sejujurnya saya terlalu over dosis confidence ketika menerima ajakan Mbak AL untuk berpasangan dalam menerima undangan kompetisi sang Blogger Leadership: Pakdhe Cholik. Kalau secara personal, persahabatan kami yang bermula dari dumay memang cukup akrab, mulai dari saling comment di postingan, kemudian chatting, kopdar dan mbolang jugak lho? Tapppiiii.....kalau secara kebisaan saya mbikin Riview Blog ya kan jauuuh dari skilled. Apalagi ini me-review blog-nya sekelas Mbak Alaika lagi? Okelah, no what-what sebisanya dan sekaligus untuk berlatih obrak-abrik blog, maka inilah My Virtual Corner dalam Review Blog versi si Ririe Khayan:

    Alaika Abdullah dan Passion Menulisnya.
    Blogger yang mengawali debutnya sejak tahun 2009 ini lebih suka tenar dengan nama Alaika Abdullah, berdarah Aceh ini memiliki passion menulis yang luar biasa, salah satu buktinya bisa langsung ditengok blognya yang produktif dengan berbagai tema tulisan yang bernas dan inspiratif. Bagi Mbak AL, menulis merupakan terapi jiwa. Menarasikan segala rasa yang ada di hati lewat tulisan adalah keindahan yang tidak ternilai. Efek simultan dari antusiasme beliau dalam bidang literasi ini, sebuah novel fenomenal “Selingan Semusim” sudah siap dibaca dengan penuh rasa antusias dari awal hingga halaman akhir lho?  Tidak hanya itu, Mbak AL juga bersemangat mendirikan sebuah penerbitan indie Smart Garden Publishing, dalam rangka berkontribusi serta menggiatkan semangat BAHWA menulis buku itu bisa dilakukan oleh siapa pun! Tuh kan keren banget tho? 

    Untuk Blog sendiri, Mbak AL memiliki beberapa blog dengan tema spesifik, setidaknya ada 5 blog yang sudah launching dan ajeg pula postinganya. Dan ‘My virtual corner’ secara sengaja dipilih sebagai Blog induk. Melalui media virtual ini Mbak AL ingin berbagi aneka informasi, pemikiran dan pengetahuan dengan semua orang tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan desain header yang membentangkan penampakan sang pemilik blogger berbackgrouNd “every where” tersebut [asumsi saya neh] dalam rangka pencitraan antara theme blog sebagai CORNER berbagi  informasi, pemikiran dan pengetahuan with no limit access yaitu secara Virtual. Sehingga tampaklah Mbak Al [di header blognya] yang [bisa] berada di mana-mana. Bener gak Mbak AL?

    Then back to the topic My Virtual Corner dalam Review Blog:
    Template dan lay out, sebenarnya merupakan otoritas penuh dan hak prerogratif sang empunya blog karena berkaitan langsung dengan selera dan obsesi personal. Meski demikian, Mbak Al tidak egois memfokuskan “mau-mau gue” dalam mensetting blognya. Begitu klik meluncur ke Vurtual Corner, para pengunjung blog langsung disambut dengan tampilan blog yang ramah dan nyaman karena blog yang terdiri dari dua kolom ini sangat simple, semua widget yang terpasang dalam kategori seperlunya. Pilihan Jenis huruf dan ukurannya serta warna background putih secara ergonomis membuat mata kita akan comfort.

    Untuk Content Blog My Virtual 
    1. Stylish penulisan pada Virtual corner disajikan dalam naratif kalimat yang interaktif dan friendly, jadi saat pengunjung membaca berbagai ulasan topic yang tersaji akan “merasa” sedang berbicara langsung dengan sang penulis blog dalam nuansa penuh keakraban bagai teman yang sudah lama saling kenal. 
    2. Tema Tulisan yang diangkat Secara keseluruhan, tema tulisan memang beragam, artinya tidak terbatas pada segmentasi  tertentu. Mbak AL dengan style menulisnya dengan lincah menarasikan berbaga hal yang dilihat, dirasakan dan dialaminya dalam sudut pandang yang obyektif. Banyak case sensitive diulas Mbak AL dengan rangkaian kalimat yang mengalir dalam tatanan bahasan yang netral sehingga tidak mengundang friksi emosional pembacanya.  Bisa disebutkan postingan yang belum lama ini jadi trending topic: Janda, Emang kenapa? Atau, Mengapa Wanita harus “bekerja” ? Jadi tak heran jika beliau seringkali membawa pulang trophy bergengsi dalam kompetisi-kompetisi menulis yang diikutinya.
    3. Postingan yang up to date dan intens, dalam sebulan Mbak AL bisa membuat 27 postingan. Menurut saya hal ini sungguh mengagumkan, mengingat kesibukan dan mobilitas beliau yang cukup tinggi tapi masih tetap mampu memanage blognya secara regular.
    Statistic Performance
    Pilihan template, lay out dan desain blog yang  mengkombinasikan selera personal dan kebutuhan kenyamanan pembaca, maka tidak heran jika prestasi statistic My Virtual Corner juga sangat cemerlang. Beberapa indikatornya antara lain:
    1. Posisi PRnya sudah 2/10
    2. Alexa yang amat sangat langsing: di kisaran 210.000an. 
    3. Maka speed loading Blog ini pun tergolong ringan/cepat
    4. Banyak artikel di My Virtual Corner meraih Popularitas di mesin pencarian mbah Gugel 
    My Virtual Corner sebagai blog yang sudah berdomain dot com dan sudah eksis dengan monetize ini secara keseluruhan merupakan blog yang tergolong inspiratif dan edukatif. Dan menurut saya, tak ada yang kurang, tapi mungkin bisa dipertimbangkan untuk ditambahkan yaitu:
    1. Following email  perlu ada mengingat rata-rata tulisan yang disajikan Mbak Al memiliki kualitas yang sedemikian bernas, maka sangat mungkin ada diantara visitor yang berharap bisa mendapatkan up date postingan yang dipublish di My Virtual Corner. 
    2. Model Blog Archieve yang drop down sehingga judul entry blog bisa terbaca lebih cepat oleh pengunjung. Ini memang berdasarkan kebiasaan saya, selain berdasarkan sajian related post [dibawah postingan yang sedang saya baca], biasanya jika melihat Arsip Blog ada judul yang sekiranya menarik maka saya akan memperpanjang durasi nongkrong di sebuah blog. Bukankah judul yang eye catching adalah first impression bagi sebuah tulisan?
    Alhamdulillah, finally review ini bisa saya kerjakan. Masih jauh dari criteria sebuah review Blog tapi besar harapan bisa jadi pembelajaran bagi saya pribadi untuk membuat review blog/lainnya dengan lebih baik. Specially untuk Mbak Alaika, terima kasih telah berkenan mengajakku untuk berhadapan dalam kontes Unggulan Blog Review ini. Maaf banget ya jika keselarasan antar paragrafnya masih ada yang gak nyambung ya? 



    My Virtual Corner dalam Review Blog ini  diikutsertakan pada
    Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan.




    56 comments:

    1. menarik banget! saya belom ikutan hajatan pakde. semoga menang Mbak!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Alhamdulillah kalau menarik ya mas:)

        Delete
    2. saya suka headernya mbak Al :D
      tulisan-tulisan mbak Al enak dibaca dan ngalir hehehe

      ReplyDelete
    3. Aku suka template nya dan headernya, mantabs..
      eiylekhan ..di tambah dengan tulisan2nya yang sederhana dan gampang aku cerna, meskipun puanjang puanjang :D

      Suskes ya buat kalian berdua :D

      ReplyDelete
    4. saya follow blognya mbak alaika ini sudah dari dulu, sepertinya dua taunan yang lalu.. tapi akir2 ini postingan mbak alaika jarang nongol di dasbor, mungkin saya lagi kurang beruntung ya. pas beliau posting pas kebetulan saya gak onlen.. hehe.. mbak alaika ini istiqomah sama template blognya ya.. headernya sejak awal aku follow sampe sekarang ga berubah sama sekali.. mbak alaika emang keren,, blogger juga penulis,, mbak rierie juga keren.. setiap baca postingannya saya juga kadang geleg-geleng, bahkan bingun gimana komennya, soalnya nulisnya profesional banget.. semoga sukses semuanya yaa,, ^_^

      ReplyDelete
      Replies
      1. berarti saya neh yg gak istiqomah, ganti2 template plus header jugak. hehehe

        Dan bener banget, klo mbak AL mah tulisannya oke bangedsss

        Delete
    5. Virtual Corner emang menarik untuk lama-lama di sana, sukses ya Mba Reviewnya.

      Salam
      Astin

      ReplyDelete
    6. Iya sama. Saya juga sudah follow juga. Hmmm. Saya sendiri kadang menerapkan sistim terjadual dalam postingan. Dalam arti kata artikel sudah jadi tapi diposting pada hari yang lain di masa depan. Jadi pas saya edit kadang saya publish, dan kadang nongol komen duluan hiheiheheiee

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya tuh pengennya juga bisa trejadwal, tapi bikin stock postingannya juga belum bisa neh KAng. Jadinya ya gini neh, postingan amburadul klo off line lg crowded

        Delete
    7. mbak ririe slalu menyajikan artikel yang 100% orisinil keasliannya,

      saya salut banget

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hehehhee..lha ini kan nyritain blognya MBak AL PAk

        Delete
    8. Luar biasa Mbak loading blognya ringan dari situs GTmetrix terbilang ringan mbak loadingnya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. yoii, blognya Mbak Al ringan, sama kan kayak blog saia?

        Delete
    9. yang diriview sama yng meriview sama2 top deh..saya suka berkunjung ke blognya cut kak alaika, tulisannya bagus :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. minder deh kalau saya sama kayak mbak Al. Masih jauh banget dr Mbak Al neh.

        Tapi tengkiyu ya Mbak, jd semangat neh

        Delete
    10. Pasangan mantap. Cocok dan serasi. Semoga bisa sama-sama berjaya di kontes unggulan ini :)

      ReplyDelete
    11. Kalau kesan sy terhadap virtual corner..
      Ide apa saja bisa disulap menjadi tulisan yg apik oleh mbak Al.,:-)
      Semoga sukses kontesnya ya Rie.. :-D

      ReplyDelete
      Replies
      1. sip, klo mbak Al mah oke banget nulisnya. enak dibaca dan refreshing mind deh

        Delete
    12. Aha! Tayang juga akhirnya yaaaa. Trims banget ya Rie. Yes! Kita telah memenuhi syarat untuk ikutan Kontes Unggulannya Pakdhe. Review Blog Saling Berhadapan, legally dengan tayangnya review kedua belah pihak. :)

      Senang deh rasanya direview olehmu, Ririe sayang! Trims untuk masukannya yaaa. Langsung applied deh. Cekidot! :)

      Trims atas reviewnya ya say, ntar balik lagi untuik komen atau meresponse komentar yang lainnya. Nih mau bertugas dulu #JadiJuri. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. yippiiii, akhirnya bisa juga bikin ulasan utk blog mbak Al. ya tappii ala kadarnya Mbak.

        Gpp yaaa...

        Delete
    13. Terima kasih atas partisipasi sahabat
      Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
      Salam hangat dari Surabaya

      ReplyDelete
    14. eh jadi inget sama si ibu yang satu itu
      kenapa ga pernah nongol di reader list ya
      jangan-jangan error lagi neh...

      ReplyDelete
      Replies
      1. kayaknya demikian deh Mas,
        kapan hari si Una juga gak muncul tuh apdet reader listnya

        Delete
    15. semoga menang mbak :) salam knal ya

      ReplyDelete
    16. hak prerogratif tuh apaan, Mba. Hihihihi

      Yang saya tau, dua blogger yang saling berhadapan ini sama2 rajin nulis. Begitu saja komen saya. :D

      ReplyDelete
    17. Oh repieu miliknya Mbk Alaika ya.

      Memang cocok diduetkan ini.

      Bagus repieunya, semoga sukses dan menang.

      ReplyDelete
    18. analisis mengenai blog My Virtual Corner..mirip ulasan seorang pakar blogger..luarbiasa,
      selamat berlomba..semoga menjadi salah satu yang terbaik...salam :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tersanjung deh oleh sanjungan bang hari.

        Ma kasih doanya bang

        Delete
    19. saya belum paham sampai yang begitu mbak. tolong ajarin dong mbak? hehe

      ReplyDelete
    20. udah PR 2, seru tuh. hajatan pakde emang gak ada berentinya... sukses buat yg ikut dan ngadain kontes..

      ReplyDelete
    21. iri euy liat rank alexa blognya Kak Alaika.

      semoga sukses kontesnya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Alexa Mbak mmg ramping,
        Ngiri jg saia

        Delete
    22. hey nice blog :)
      Maybe we follow each other!?
      Let me know :)
      Greetings

      www.YulieKendra.com

      ReplyDelete
    23. Wiiiii, kalah alexa eikeee...
      Kalau blog eike sih blog semau mau eike :D
      Gudlak ya Jeng lombanya, abis itu makan-makan...

      ReplyDelete
    24. Hmm... Gue emg suka Alaika! Dan suka elo juga, Rie! *eh

      ReplyDelete
    25. wiiiih.. kereeeen deh dua2nya. Aku jagoin mbk Al 'n jeng ririe menang kompetisi ini.
      Aku sbnre pengen ikut. Tp ga laku. Gada yg nglamar.. hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Asyiknya dijagokan oleh mbak cova....# aamin

        Delete
    26. reviewnya matnab,,semoga sukses,,good luck!!

      ReplyDelete
    27. ikutan menikmati belajar ngeriview di sini ya Jeng Ririe. Sesama penulis buku saling berhadapan nih. Salam

      ReplyDelete
      Replies
      1. monggo pak, silahkan dikasih kritikan buat saya yg masih bljr ngeripiu neh

        Delete
    28. salam kenal pada kunjungan dan kesan pertama,blognya bagus dan artikelnya mantap-mantap

      ReplyDelete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
    So, be wise and friendly.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad