WHAT'S NEW?
Loading...

Setiap Hari [adalah] Momentum Special

Beberapa waktu, sekira dua bulan Berasa bertahun-tahun semi aktif dari jejak di dunia maya, salah satunya adalah ritme Blogging. Bismillahirrahmaanirrahiim dan Alhamdulillah ‘keributan’ di off line: Dua jadwal audit dan kegiatan assesment akreditasi  dari BSN, memang sudah mereda [tentunya ada beberapa action yang harus di follow up] tapi di rentang waktu-waktu berikutnya stabilitas nge-blog sepertinya masih bakal terdapat ‘gangguan’ tapi semoga sudah bisa sedikit lebih aktif lagi dari masa semi hiatus dua bulan kemarin.

Hemmm....kok jadi lost direction gini ya mau nulis apaan? Sepertinya butuh stretching untuk bisa menarikan dengan gemulai jari-jemari di atas tuts-tuts keyboard. Atau susunan otak saya yang perlu di defrag kali ya? Sebelum makin nglantur kemana-mana, semoga tak ada yang protes it’s too late  mencoba sedikit mereview tentang tanggal keramat “18 Desember” beberapa waktu lalu.

Special greeting card form Una tjantiq
Yah, mungkin sebagian sahabat blogger sudah ada yang tahu jika tanggal tersebut adalah hari ulang tahun saya...moment sekian tahun lalu ketika saya diijinkanNYA menjadi salah satu makhluk hidup di muka bumi ini. Saya lebih suka menganggap Setiap Hari [adalah] Momentum Special dan untuk memaknai hari ulang tahun sebagai momentun ~ reminder ~ bahwa usia baru membentang di hari-hari saya selanjutnya, yang artinya jatah waktu untuk hidup semakin berkurang dan dengan semakin bertambah jejak usia SEHARUSNYA membuat diri ini menjadi pribadi yang lebih baik dan bersikap, berpikir dan berketaqwaan.

Maka bagi saya hari ulang tahun merupakan salah satu hari dari setiap hari [adalah] momentum special yang sejak menginjak SMA [kala di SMP masih abai tentang ultah] saya memang membuat sedikit “tanda” dengan hal-hal yang berbeda dari hari-hari biasanya yaitu misalnya dengan “melekan”, atau membuat puisi [renungan]. Dan untuk edisi tahun ini, kebetulan ada ide untuk membuat blog baru dalam versi Bahasa Inggris yang sebelumnya sempat saya bahas dengan Una. Dan ternyata dia lebih dulu sukses merealisasikannya, sedangkan saya akhirnya menetapkan launching blog baru EV.RIRIEKHAYAN.COM pada 18-12-2012, jam 18.18 PM. Aselinya isi blog "Love, Live & Life"  dengan tujuan utama untuk mengajari dan belajar bahasa Inggris. Maklumlah, berpuluh tahun diajari Bahasa Inggris tapi hasilnya masih jauuuuhhh dari skilled! So please, jangan diketawain jika isi postingan di Ev.ririekhayan.com kosa katanya parah dan susunan kalimatnya kacau balau tingkat dewa.


Then back to the topic again, saya sebenarnya bukan termasuk orang yang mengkultuskan ulang tahun dengan special party celebration tapi ya iya sih tetap menganggap hari ulang tahun sebagai salah satu  momentum penting ~ reminder ~ atau yang lebih sederhana lagi Alarm yang saya setting kala hendak tidur agar bisa terbangun di jam-jam tertentu yang saya butuhkan untuk bangun. Dan dalam konteks yang lebih sakkral...sholat lima waktu...yang kita butuhkan sebagai reminder bahwa kita adalah makhluk yang butuh untuk beribadah penghambaan padaNYA. Yups, idealnya setiap hari saya bisa ingat bahwa perjalanan hidup ini mengalir pada kerentaan. Tapi tak jarang ketika rutinitas dan seabrek pekerjaan serta permasalahan membuat saya “lupa” akan betapa fananya keberadaan saya.

Momentum Ulang tahun pun merupakan ‘prasasti’ untuk mengajak diri saya melakukan retrospeksi, bisa jadi ada beberapa pandangan yang masih valid, up to date. Tapi dengan bertambahnya usia dan serangkaian metamorfosa yang mengikuti, maka tak bisa saya pungkiri jika tentunya ada beberapa sikap dan pola pikir yang perlu dipertanyakan kembali untuk kemudian diperbaiki atau mungkin justru harus ditinggalkan? Mengalirnya pikiran yang tidak linear dan mengalami pengalaman-pengalaman yang ketabrak-tabrak alias totally unpredicted that I have to going through in the future of my life chapters, menjejakkan saya pada ketersadaran betapa saya memang hanya pelaku cerita atas skenario hidup yang dituliskanNYA untuk saya.

Ketika satu rentang usia beringsut perlahan
Satu Mukadimah baru membentangkan pelajaran baru
Tentang asa yang masih di awang
Tentang memijarkan semangat kala terjerembab
Dan tentang sketsa tujuan hidup ini

Berdiri dimuka cermin sejarah menengok kembali realitas dan sederet impian manis tentunya dengan kaca mata penglihatan masa kini, dapat saya lihat secara jujur sederet kekurangan, kekeliruan dan ketidak-konsistenan dalam bersikap, khususnya saat berada dalam kondisi under pressure atau hardly judgment dari society yang memojokkan. Momentum keberulangan hari kelahiran ini kembali mengingatkan saya bahwa sukses merupakan rangkaian proses BUKAN hasil akhir, proses bagaimana saya bisa menjalani dan memaknai setiap hal, baik kesulitan maupun complicated problem yang tak terduga menjelma nyata dalam alur sejarah hidup yang harus saya tuliskan merupakan mata rantai kehidupan yang mengalir pada titik kembali diri pada sang Pemilik Hidup. Sebenarnya tak ada hal yang perlu terlalu disesali selama [saya] masih bisa berlangsung dalam proses penyadaran dan pembelajaran yang on the right track.


74 comments: Leave Your Comments

  1. mbak, jangan nyalain lilin tengah malem yak.
    ntar dikirain ge ngepet.
    ato jangan nyanyi2 sendiri
    "saya ulang tahun, sya ulang tahun"
    "saya ulang tahun, semoga panjang umur"

    btw, otw, ATW, busway,MRT
    aq kapan yak bisa bikin blog bahasa inggrrrrrisssss,
    kyk e keren.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas listrik mati dan aku masih terjaga ya pastinya nyalain lilin deh.

      Nah kalau nyanyi itu...terima kasih ya, jd ada ide neh utk nyanyiin jinggle ultah versimu lho?

      #ta tunggu blog versi Bahasa Inggrismu bro

      Delete
    2. silahkan di tunggu samapi bosan.
      aq adalah anak negeri tercinta Indonesia yang bangga dengan bahasa kami Bahasa Indonesia.
      Banggga dengan tanah dan airnya yg telah membesarkan aq dari muncul ruh dalam raga ku.
      aq adalah anak Indonesia yang bangga bangsa kami, dimana para koruptor diberi kebebasan berpendapat. Dimana kami diberikan jalan menuju kehancuran.

      Aq Mohamad Rivai aka kempor
      coblos nomer 69

      Delete
    3. hohohohooo...#ketawa duang ahhh

      Delete
  2. bertambahnya umur adalah anugrah yang harus di syukuri

    ReplyDelete
  3. card dr Una pasti jd salah satu yg special juga yaa jenk.... :)"

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYap MBak, surprised banget...gak nyangka si Una ngirim post card dan beberapa stuff yg so cute

      Delete
  4. walau telat..saya tetap mau mengucapkan selamat hari lahir per 18 desember buat mbak ririe...semoga sehat bahagia selalu dalam lindungan ALLAH :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bang, setiap hr adalah ulang tahun juga kok. every day is new day..SEmoga keluarga baru Bang HAry juga diberikan kebagiaan selalu:)

      Delete
  5. Bersyukur atas hari-hari yang dilalui, menjadikan apa yg telah terjadi sebagai bahan evaluasi agar bisa jauh lebih baik lagi. Usia bertambah, jatah hidup berkurang. Bijak caramu dalam melakukan penyikapan kehidupan. Barakallah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berusaha memaknai setiap momen dengan sudut pandang yg lebih baik...semoga bisa menjadi pribadi yg lebih baik:)

      Delete
  6. mbak, tulisan ini "tjantiq" kok kayaknya maksa banget ya .. itu sama dengan "cantik" ya kalo gak salah.. soalnya aku cari di google nemunya itu mbak... terus setauku namanya una itu bukan una tjantiq mbak, tapi una santun .. sudah ganti ya (garuk** kepala) ^.^V

    ReplyDelete
    Replies
    1. weee...ada yg porotes neh yee...

      Una kan mmg tjantik kok..mana mungkin Una ganteng kan? hehehe

      Delete
  7. aku telat ya mbak.... selamat ulang tahunnn ya mbak.. semoga jodohnya semakin dekat dan semakin menempel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga jodohmu juga dekat yaaa.....hehehe

      Delete
  8. selamat ulang tahun untuk mbak Ririe, moga panjang umur dan blognya sukses.

    ReplyDelete
  9. setiap saat memang sangat berarti, dan hendaknya jadikan berarti jika tidak....karena mencari peluang ditengah kesibukan yang lazim orang lakukan...bisa menimbulkan rasa kepuasan tersendiri..salam hangat mbakyu

    ReplyDelete
  10. walau setiap hari adalah spesial, tetep aja pengen ngucapin, wlo pun udah telat juga :D MET MILAD ya mbak Rierie, semoga selalu sehat dan diberkahi kesabaran dalam melakoni hidup. amiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga kita semua selalu sehat dan diberkahi kesabaran dalam melakoni hidup. amiin :)

      Delete
  11. mmi ga bisa kasi apa2...doa yg tulus utk terkabulnya semua wish mu ya Rie...muuaacch

    ReplyDelete
  12. wah punya rumah baru ya, selamat yah semoga eksis..sekalian selamat milad juga, maaf terlambat hihi...., mendingan terlambat daripada terlambat sama sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'rumah barunya' buat motipasi biar lbh rajin bljr bahasa inggris kok

      Delete
  13. meskipun aku yang selalu telat hadir disini
    namun aku sempatkan juga untuk tetap hadir dan membaca karya mba Ririe (halah ngomong opo aku ki....heee)

    ya sampai lupa....,met millad ya Mba,moga murah rizki dan semakin sukse...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wes pokoe amiiin juga utk doa pak reo dan pak zach

      Delete
  14. sukses merupakan rangkaian proses BUKAN hasil akhir, suka bgt mayg ini....
    Introspeksi diri lebih dan lebih :D

    ReplyDelete
  15. Waduh telat ya mba ? tak apa dari pada tdk sama sekali, selamat ulang thn mak cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak MBak, mmg saya bikin postingannya jg sngaja delay dr hari H kok

      Delete
  16. pertama, meski telat, saya ucapkan selamat ulang tahun Mbak. semoga makin dewasa dan sukses selalu, serta barakah dan rezeki dari Allah mengucur deras ke Mbak Ririe, juga keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sekeliuarga di Pontianak juga turut bahagia dan mengucapkan selamat hari ultah buat mba. Sukses selalu

      Delete
    2. Pak Zach dan Kang Asep: ma kasiiih yaaaa...

      Delete
  17. kedua, selamat atas launching blog baru yang english abis. semoga makin membantu mbak Ririe, juga kami-kami pembacanya dalam mengakrabi bahasa tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ulang tahun mbk ririe..baarakallah..
      selamat juga atas blog barunya,smg bermanfaat :D

      Delete
    2. hiehiehie iyo eh iya selamat atas peluncuran blog barunya juga. Congratulations

      Delete
    3. hahahha...harap maklum, tulisan acak kadut di blog yg baru.

      Delete
  18. kira kira.. "ev" singkatan ato apa yak :D
    selamat ulang tahun ya mbak... ^^

    ReplyDelete
  19. saya telat mengucapkannya : selamat panjang umur semoga lebih dewasa dan berkah.

    ReplyDelete
  20. Meski saya nggak pernah berultah (hhh curhat), saya mendo'akan kesuksesan dan banyak kemudahan pada Mbak Ririe dalam banyak hal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..secara persisnya,saya juga belum prnh kok merayakan ultah pak. TOS

      #amiin

      Delete
  21. Happy Birthday ya mbak, wishing you all the great things in life and may all the wishes and dreams you dream today turn to reality..aminn #jadi ikutan sok keminggris :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #jadi makin maluuu neh karena begaya sok kemingris hehehe

      Delete
  22. selamat ulang tahun mbak rie, niar juga taunya dari mas monkey postingan khususon buat mbak rie :D

    tulisanne mbak una apik yoo mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh tulisane Una kereeennn, gak kriwul kayak rambutnya...hehehe

      Delete
  23. Selamat ulang tahun mbak, sukses selalu... :)

    ReplyDelete
  24. selamat ulang tahun ya mbak ririe, maaf agak telat nih ngucapinnya baru smepat BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang kemabli di sini Mbak...lha saya juga lumayan lama juga gak BW lho mbak

      Delete
  25. maaf terlambat ngucapinnya.. selamat ulang tahun ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ma kasiih Mbak, gak ada yg terlamabat kok

      Delete
  26. Selamat Ulang Tahun
    mohon maaf bila saya terlambat mengucapkannya

    ReplyDelete
  27. iya ultah itu waktunya kontemplasi mana yg perlu diperbaiki dan menghargai apa yng menjadi lebih baik.

    lama kali mbak tak main ke blog aku :(

    mbak, kenapa profilnya dihidden? untung aku hapal alamat blognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh lama gak bisa BW...
      Profilku gak di hidden kok, pas comment kmrn via HP.

      #besok ta lht ah setting profilku

      Delete
  28. Selamat Ulang Tahun yaa Mbak Ririe Khayan ......
    Tetep berjaya baik di dunia nyata maupun di dunia maya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berjaya pula utkmu yaaaaaaaaaaaaa

      Delete
  29. Menikmati hidup dan selalu bersyukur atas kenikmatan yang telah Allah berikan untuk kita disetiap detiknya. Serta menjadikannya sesuatu yang bermanfaat untuk sekarang, kelak dan nanti. karena kita tidak akan pernah dapet sms dari Allah kapan tepatnya kita akan tiada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap moment bisa dinikmati..dengan bisa menerimanya sbg etentuan terbaikNYA...insyaAllah kita bisa merasakan bahagia dgn apapun yg ada. #butuh waktu dan proses juga

      Delete
  30. Tidak ada kata terlambat 'Met Ultah Ya Mbak Rie'.
    Semoga Mudah rejeki dan sehat selalu dan yang satu lagi tuh.....
    Didekatkan dah Oleh Nya.....

    Amin Ya Rob.... 3X

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.