WHAT'S NEW?
Loading...

Khasiat [pahitnya] Empedu Kambing

Setiap orang tentu menginginkan hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Dan empedu kambing merupakan salah satu dari sekian buaaannnyakk alternatif suplemen kesehatan sekaligus obat  untuk menyembuhkan (beberapa) penyakit. Mendengar kata empedu, saya yakin sebagian besar dari kita langsung terbayang sederet akibat tidak sehat jika makan jeroan yang secara umum (medically) memang di sarankan untuk delisting dari daftar menu makanan. Padahal faktanya banyak sekali empedu hewan yang di manfaatkan sebagai obat dan vitalitas bagi manusia, di antaranya adalah empedu kambing. Tentu hal ini sangat menarik (menurut saya) karena dibalik baunya yang amis dan rasanya yang pahit, ternyata mengandung manfaat dan khasiat yang luar biasa. Penasaran kan? Dan Bismilllahirrahmaanirrahiim inilah penjelasannya yang saya dapatkan dari sebuah majalah yang saya temukan tadi siang di antara tumpukan buku-buku di kantor (mumpung sregep merapikan).
Empedu kambing sejak jaman dahulu sudah dikenal dan digunakan sebagai obat-obatan dan suplemen stamina (vitalitas) karena mengandung banyak zat besi  dimana zat ini berperan dalam pembentukan sel darah merah serta pengeluaran dan  pembebasan tenaga dalam tubuh. Dengan membentuk sel darah merah, maka transportasi (metabolisme) dalam tubuh bisa lancar karena mengangkut aliran oksigen dari ujung kepala sampai ujung kaki yaitu oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam membakar zat makanan yang dikonsumsi untuk menjadi tenaga. Proses terjadinya tenaga karena adanya pembakaran zat gula oleh oksigen dan tenaga yang dihasilkan inilah maka aktivitas sehari-hari menjadi lancar.  
Bukan wedhuse Una (pinjam di sini)
Khasiat obat dari empedu kambing adalah untuk menyembuhkan penyakit malaria. Caranya, pilih empedu yang kecil (agar mudah ditelan), dibersihkan dan direndam dengan air panas agar mikroba pathogenya mati. Dianjurkan sehari menelan 3 buah empedu setiap hari sampai sembuh. Hal ini bertujuan supaya racun dan virus yang disebarkan oleh nyamuk anopheles bisa mati dengan lebih cepat. Selain malaria, empedu kambing juga bisa menyembuhkan penyakit asma. Sedangkan untuk mendapatkan manfaat suplemen vitalitas (kesehatan), setidaknya dianjurkan mengkonsumsi satu buah empedu tiap hari dan harap diperhatikan harus hati-hati agar empedu tersebut tidak sampai pecah saat menelannya karena rasa pahitnya melebihi daun pepaya ataupun brotowali yang terkenal puaaahiittt. Dan tentu saja konsumsi asupan dan multivitamin lainnya tetap diperlukan lho? So, ada yang tertarik untuk mengambil khasiat [pahitnya] empedu kambing secara rutinkah? Saya gak ikutan deh, cari alternatif suplemen stamina/kesehatan yang lainnya dulu....hehehehe.



Hidup mestinya dijalani TANPA harus menunggu
adanya saat istimewa yang menjadi titik balik.
Tetapi ketika saat (istimewa) itu menghampiri,
semoga tetap bisa memanfaatkan momentumnya sebaik-baiknya.


Note: Sumber artikel majalah oase

80 comments: Leave Your Comments

  1. kalau di hari raya kurban yang nganti buat ngambil empedu ini. dan dimakan langsung dan tidak boleh pecah begitu katanya.. ga tahu itu beneran berkhasiat atau tidak... sekarang jadi jelas nih.. khasiatnya ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau pecah di jamin bakal mual atau muntah karena bau amis dan saking pahitnya tuh...kecuali hebat bener tahan amis dan pahiiitt..

      Delete
  2. Nyarinya dimana ya? ada yang jual gak!. baru dgr tuh. btw bisa di coba juga. soalnya my fam yg kena Asma!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas motong kambing kan ada empedunya tuh atau pesan di tempat pemotongan kambing...harusnya ada disitu..

      Delete
    2. waduh mesti nunggu Hari Raya donk..huhuhuhu!!

      Delete
    3. Biar gak nunggu Idhul Adha...gimana jika beli kambing terus di potong di rumah? Atau miara anak kambing dulu, mudah kok miara kambing. Di kasih daun-daun yang ada di pekarangan rumah juga mau makan dengan lahap..#lho? kok malah bahas miara kambing ya

      Delete
  3. bagus untuk yang habis sakit juga nih kayaknya mbak ^^

    kalau aku lumayan tertarik sih... kalau empedunya gag pecah gag pahit kan?? Tapi kayaknya susah deh untuk di komsumsi tiap hari, kalau idul qurban baru memungkinkan, tapi kayaknya juga gag terlalu gampang deh dapatnya.. soalnya kadang di ambil ma tukang potongya...

    :: Aku kok malah cerita yah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di hati-hati pas nelan dalam kndisi utuh. Saya belum pernah lht langsng empedu kambing Mbak, lha saya ngerii kalau pas acara potong kambing dan sejenis gitu...jd jaga jarak sejauh-jauhnya sampai acara memotong-motongnya usai deh.

      Delete
    2. heheh.....
      Sekarang juga aku dah jarang liatnya, bukan jarang tapi memang dah gag pernah tapi waktu kecil paling rajin liat kambing atau sapi di potong pas idul qurban, sampai manjat pagar mesjid....

      Delete
    3. Pemberani euy..sampai manjat tembok masjid gitu. Dulu waktu kecil kalau di suruh megangin motong ayam saja saya pejamkan mata Mbak...

      Delete
  4. Wiii ... info manfaat. Tapi ... saya gak bisa bayanginnya hehe. Dagingnya aja gak suka, apalagi empedunya -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke saja sih makan daging kambing...variatif saja. Tapi kalau empedu...hemmm mending saya makan sayur dari daun pepaya saja deh...

      Delete
  5. hihihi, mendingan minum brotowali dah ari pada nelen empedu si wedus mba, makan dagingnya aja gak tega saya, serasa kanibalisme, hihihiy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah minum brotowali...emepdu kambing blm pernah lihat langsung juga...

      Waaa, iut vegetarian ya...keren tuh. Aku prnh nyobain jd vegetarian, berhenti dgn sukses deh.

      Delete
    2. Mas Stu kan kanibal kalo makan monyet @_@

      Delete
    3. hohoho...ngerii deh, masak bangsa sendiri di mangsa sih?

      Delete
  6. Aku ga tega makan dagingnya pun, opo meneh jeroan-e...
    Gilo aku karo jeroan...
    Sik yo tak jemur jeroanku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo makan daging kambing jd ingat shirley ya? Gilo karo jeroan terus di jemur gitu ya? heheheee

      Delete
  7. Replies
    1. Katanya pahiit mbak...saya juga gak bakalan berani deh nyobain. Masih mending makan sayur daun pepaya atau pare saja

      Delete
  8. Astaga, empedu kambil (mbe) ihhh mending ga ah. Ngebayanginnya juga ga mau :p

    ReplyDelete
  9. Tolong email di cek ya kalo mau dikirim kartu pos dari Jepangnya. Thank you.
    Maaf komen disini karna ga ninggalin FB/twitter dan email konfirmasi ga di reply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap, email sudah di cek, belum ada confirm dari Dear Friend. Tapi sudah langsung conform di Blognya mas Ivan kok...
      di tunggu post cardnya #PeDE dapet neh

      Delete
  10. Kalau aku nggak berani mencoba menelan empedu kambing sob. Baunya itu lho. Mending cari alternatif lain deh kalau ane.

    ReplyDelete
  11. Wak kalo aku suruh nelen empedu, pasti blum sempet ketelen dah muntah2 mbak hahaha...

    Btw manfaatnya bnyak juga ya mbak, tuk obat malaria juga hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...kalau muntah jangan lupa minum antimo ya...#ngawur

      Saya juga baru tahu kalau bisa utk obat malaria, mungkin saking pahitnya itu jadi malarianya gak betah...#ngawur double degree

      Delete
  12. kalo saya lebih milih makan sate kambing nya aja daripada empedu nya mbak...hehe...karena jelas lebih enak sate nya kan mbak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pilih Gule kambingnya saja deh Mbak, kalau sate kurang begitu suka soale..hhihiii..kena pembakaran langsung kan ada COnya ...#teori maneh

      Delete
  13. kalau empedunya Shaun boleh? hehehe aku gak terlalu suka kambing mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa...Una bisa mengibarkan bendera perang dunia ketiga tuh Mbak..

      Delete
  14. Susunya bisa juga buat obat kan, Mbak. Eh apa nggak sembarang susu kambing ya?

    Nggak kebayang deh nelen empedu, pahit kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu kambing jenis etawa kayaknya yang yang di jadikan skala produksi utk konsumsi susu..

      Bayangin minum juz sirsak saja Mbak..hemmm..

      Delete
  15. Pernah dulu waktu acara kurban tuh pas dicuci di kali ada yang langsung ditelan tuh empedunya... ternyata ini manfaatnya

    oh iya ada award dari saya, silahkan bisa diambil disini disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? belum pernah ngerti ada yg nelan empedu kambing neh...

      Okeyyy, segera meluncur bawa truck utk ngambil awardnya ...tengkyuu Mas Bro

      Delete
  16. hemm... gimana rasanya ya mbak rie?
    kok aku kayak ehm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ya rasanya ya...yuk bareng2 kita bayangin rasanya empedu kambing ya..

      Delete
  17. wow info baru bagiku nih Rie... bisa untuk asma? really? interesting..

    tapi.. harus nelan utuh2 ya? aduh...
    kayaknya kalo ada alternatif lain selain empedu kambing, boleh diinfokan Rie.. hehehe...
    fyi Rie, aku minum habbatusaudah dan propolis madu udah lebih jarang kambuh asmanya loh.. alhamdulillah.. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...saya juga masih lebih milih cari alternatif lain kok Mbak. Saya juga minum habbatusaudah dan madu untuk suplemen, selain multivitamin dan susu...hehehe..

      Delete
  18. aku paling suka makan jeroan mba. Tp kalo empedu wedus aku durung tau mangan. Enak po ora mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali sj saya makan ati ayam, karena ada kandungan omega 3nya (kalau gak salah). Jd kalau sesekali (jarang) kan semoga nilai gizinya dapat dengan minimalisasi akumulasi asam uratnya..

      Delete
  19. tapi tetap aja pahit mbak -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa...biar gak pahit nelannya sambil lihat Tom Cruise saja Mbak...#ngaco

      Delete
  20. ya,tapi dalam dosis yang tidak banyak,karena jika zat besinya menumpuk akan mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja dalam dosis yang tidak berlebihan...sesuai kebutuhan utk hidup sehat. Apapun yang berlebihan (meskipun menyehatkan) pada akhirnya justru akan berakibat kurang baik

      Delete
  21. wah kalo empedu, kayaknya saya masih belum kuat deh makannya.. eneg

    ReplyDelete
    Replies
    1. #TOS>>>

      Lha saya kepikiran nyobain juga enggak ada neh..just share :)

      Delete
  22. gak doyan pahit mbaaak, makanya saya paling males kalau minum jamu hehe kalaupun mau juga mestinya nunggu lebaran haji dulu itupun kalo ada tetangga yg korban hahaaa... makasih informasinya mdh2an bsa bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau pahitnya jamu saya masih oke-oke saja..jus kunir kunig/putih..masih seger kok rasanya. Daun2 pepaya dan sejenisnya jika di ambil perasnnya juga masih oke dengan di tambah madu maksudnya...hahhaha

      Delete
  23. kayaknya dimasukin kapsul kosong bagus juga ya Ri supaya kalo empedunya pecah kita gak kepahitan ... tfs infonya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di potong kecil2 gitu ya? kan kapsulnya kecil tuh Mbak..

      Delete
  24. ternyata berkhasiat ya empedu embe tapi pasti empedu teh pait :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pahitnya empedu kambing yang berkasiat...hehehe

      Delete
  25. empedu itu hati atau ginjal?

    *apapun kalau halal yah gpp dgn kata lain ga perlu cari hewan2 yg aneh2 bukan macam hiu, harimau, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp..yang penting halal dan sanggup menyantapnya tentu..

      Delete
  26. wah kambing di bikin sate empedunya terus buat obat pas banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bagian Lambing bermanfaat deh..

      Delete
  27. embeekkkk....mewakili embek, stop pemotongan embek di bawah umur, kasian embek nya baru hidup mbak rie..wakakakak.............. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, di Probolinggo ada warung yg spesial sate cempe...kasiann deh masih cempe sdh dibuat sate..

      Delete
  28. pengen sih nyoba, tapi..dapetin empedu kambing dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tunggu nanti lebaran haji ya Mas trs order sama yg motong kambing empedunya ya. Selamat mencoba dan di tunggu ceritanya ya..

      Delete
  29. terima kasih infox ya mbk..,btw sy baru tahu klo empedu kambing i2 pahit soalx sy blom pernah nyoba.. hehe...

    klo dlm postinganx maka taruhx didalam EDIT HTML..., semoga berhasil..! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke..sama-sama.

      Ma kasih info hantaran infonya ya, nanti saya coba edit HTML TAb Award saya..

      Delete
  30. beeeeerrrrrr Rasanya pahit banget empedu kambing mbak, karna aku sudah pernah merasakan nya, tp alhamdulillah sembuh malaria nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiihhhh, asli kerenn berani makan empedu kambing. Tapi kalau untuk obat, pahit pun tetap saja lanjuttt...sampai habis dan sembuh

      Delete
  31. Kerasa banget pahitnya mbak padahal belum lagi makan he..he... tapi kalau emang suatu saat bener2 butuh kayaknya mau juga lah tapi sekarang belum... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sehat selalu jadi gak sampai harus makan empedu kambing ..hehehehe

      Delete
  32. Pagi Mbak Rie...
    Cuman mo minta maaf jika ada kata2 sy yg enggak berkenan, tolong sampein juga ke Mas Stumon (sulit sih masuk ke blognya :( ) Makasih ya, Mbak. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met sianggg, minta maaf? Gak ada yg perlu dimaafkan kok..tiap orang punya opininya masing-masing..punya stigma dan paradigma sendiri. Saya hargai itu...so, never mind at all. Insya Allah saya sampaikan ke mas Stumon...mmg agak susah kalau kompi pake Avira banyak blog yg di detect sebagai malware, saya dulu juga begitu..

      Delete
  33. Wah saya baru denger kalau empedu kambing punya khasiat untuk vitalitas.. kirain cuma empedu ular aja... :D sis udah pernah coba khasiat empedu kambing ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya belum pernah deh makan empedu kambing dan emepedu lainnya...

      Delete
  34. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. gak berani ah,,,minum jamu aja udah gak nahan,,,,,

    ReplyDelete
  36. begini mbak, orang kampung saya bilang empedu itu perlu di kaji lagi masalah boleh atau tidaknya, mungkin disatu sisi memberi manfaat secara langsung, tapi berdasarkan perhatian masyarakat di kampung saya, mereka yang suka makan empedu kambing, pas masa tuanya sering terjadi komplikasi penyakit mbak...
    apalagi dalam empedu kambing, kadang ditemui hewan semacam cacing atau berbentuk seperti lintah kecil, nah kalo empedu ditelan mentah-mentah, maka cacing itu.....
    makasih........

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.